Perspectives News

Sekda Alit Wiradana Hadiri Rangkaian Karya di Pura Bhagawan Penyarikan

 

Sekda Alit Wiradana menghadiri upacara Pengeratep Karya Pura Bhagawan Penyarikan Banjar Kertha Petasikan, Desa Sidakarya, Selasa (15/10/2024) di balai banjar setempat.  (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Warga Banjar Kertha Petasikan Desa Sidakarya menggelar upacara Pengratep dan Padudusan Alit di Pura Bhagawan Penyarikan, Selasa (15/10/2024), di balai banjar setempat.

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana berkesempatan menghadiri rangkaian karya sekaligus ngaturang punia dan menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Banjar Kertha Petasikan atas semangat gotong royong dalam melestarikan adat dan budaya, serta menjaga kesucian pura.

"Pentingnya penerapan nilai-nilai Tri Hita Karana (THK) yaitu menjaga harmoni antara manusia dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam sekitar," ujarnya.

Manggala karya yang sekaligus Kelian Banjar Kertha Petasikan, I Made Suparta mengatakan, Pengratep Karya Pura Bagawan Penyarikan ini telah dilaksanakan selama 10 tahun terakhir ini.

"Pelaksanaan upacara ini pada awalnya sudah dimulai dari tahun 2014, dan ini adalah yang terakhir, usai dilaksanakan pembuatan candi bentar Pura Bagawan Penyarikan di Banjar Kertha Petasikan pada tahun 2021 silam. Pura ini sebenarnya sudah berdiri pada tahun 1984," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Pengratep Karya ini sebenarnya dilaksanakan tepat pada piodalan Pura Bagawan Penyarikan yang jatuh pada Ping Telulas Purnama Kapat. Akan tetapi, karena warga Banjar Kertha Petasikan dominan pendatang dengan jumlah 115 KK yang beragama Hindu dan 100 KK lagi umat non Hindu, pada saat Purnama Kapat mendatang pasti akan banyak yang melaksanakan persembahyangan di kampung halaman mereka masing-masing.

Disampaikan pula, dudunan karya sudah dimulai sejak Senin, 7 Oktober lalu dengan upacara Nuasen Karya, dan puncak karya pada Selasa, 15 Oktober dilanjutkan pada Jumat, 18 Oktober 2024 dengan upacara nyineb. Upacara ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Manuaba dari Griya Kutat Sanur.

“Kami bersama warga mengucapkan terimakasih kepada warga Banjar Kertha Petasikan dan semua pihak yang telah membantu sampai upacara ini selesai terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Ia juga merasa bahagia dan bangga Sekda Kota Denpasar IB. Alit Wiradana dapat hadir menyaksikan upacara Pengratep Karya dan memberikan dana punia sebagai stimulan kepada warga Banjar Kertha Petasikan.

“Dengan dilangsungkannya upacara ini, ke depan diharapkan tercipta suasana harmonis antar warga Banjar Kertha Petasikan dan mampu meningkatkan kerukunan antar sesama warga dan umat beragama,” ujar Made Suparta. (ays/hum)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama