Perspectives News

Pemkot Denpasar Ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Tuluk Biyu Batur Bangli

 

Sekda Alit Wiradana beserta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar saat melakukan persembahyangan bhakti penganyar di Pura Tuluk Biyu Batur dan Pura Hulundanu Batur, Kintamani Bangli, Rabu (23/10/2024).  (Foto: Humas Denpasar)

BANGLI, PERSPECTIVESNEWS- Pemerintah Kota Denpasar melaksanakan Bhakti Penganyar serangkaian Karya Pujawali Ngusaba Purnamaning Sasih Kapat di Pura Tuluk Biyu Batur dan Karya Ngusaba Kapat di Pura Ulundanu Batur, Kintamani, Bangli, Rabu (23/10/2024).

Pelaksanaan Bhakti Penganyar dipimpin Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar yang diawali dengan melakukan persembahyangan di Pura Tuluk Biyu Batur dan dilanjutkan di Pura Ulundanu Batur.

Sekda Alit Wiradana mengatakan, karya Pujawali Ngusaba di Pura Ulun Danu Batur ini merupakan momentum bagi seluruh umat Hindu untuk meningkatkan sradha dan bhakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa.

Selain itu, momen ini juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang mulat sarira sehingga diharapkan dapat menjadi keseimbangan alam semesta beserta isinya.

"Tentu ini merupakan momentum bagi kita bersama untuk meningkatkan sradha dan bhakti umat, serta memohon asung kertha wara nugraha Ida Sang Hyang Widi Wasa," ungkapnya.

Ditambahkan, pelaksanaan Bhakti Penganyar juga sebagai ungkapan rasa syukur Pemerintah Kota Denpasar atas kelancaran menjalankan swadharma dalam melakukan pembangunan maupun memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Rasa persatuan atau menyama braya umat Hindu harus kita pupuk, sehingga yadnya sebagai wujud syukur dapat terus kita laksanakan guna meningkatkan sradha dan bakti umat sesuai dengan swadarma menuju keseimbangan alam semesta," pungkas Alit Wiradana.

Sementara ketua panitia I Ketut Sudana mengatakan, rangkian upacara ini dilaksanakan secara rutin setiap purnamaning sasih kapat.

Lebih lanjut, pelaksanaan karya ini telah dimulai sejak 7 Oktober 2024, lalu dilanjutkan puncak karya pada tanggal 17 Oktober 2024, lalu karya penyineban dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2024 mendatang.  (arm/hum)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama