Perspectives News

Bagnaia Juara MotoGP Thailand, Titel Juara Dunia Ditentukan Hingga Seri Terakhir

 

Pembalap tim Ducati Lenovo Francesco Bagnaia keluar sebagai juara MotoGP Thailand yang berlangsung di Sirkuit Internasional Buriram, Minggu (27/10/2024). (Foto: Ducati Corse)

BURIRAM - Francesco Bagnaia keluar sebagai juara seri ke-18 MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Buriram, Minggu (27/10/2024). Pembalap tim Ducati Lenovo itu mengungguli Jorge Martin dan Pedro Acosta. Sementara, Marc Marquez finis ke-12 usai terjatuh di putaran ke-14.

hasil itu menjadikan perburuan titel juara dunia musim ini ditentukan hingga akhir seri, yang masih tersisa dua lagi, antara Francesco Bagnaia dengan Jorge Martin, yang saat ini sebagai pemuncak klasemen.

Start balapan berlangsung rapi kendati dalam situasi basah akibat hujan. Fabio Quartararo langsung melesat ke depan tetapi Martin memimpin, diikuti Bagnaia, dan Marquez.

Memasuki lap keempat, Martin masih terdepan dibuntuti dengan ketat oleh Bagnaia serta Marquez. Sedangkan, Quartararo terjatuh usai bersenggolan dengan Franco Morbidelli.

Di lap kelima, Martin melebar di tikungan 1, Bagnaia melesat ke depan diikuti Marquez. Martinator kini berada di urutan ketiga.

Memasuki putaran ke-10, Marquez sempat mencoba menyalip Bagnaia tetapi gagal. Kesempatan itu dimanfaatkan Martin untuk mendekat. Namun, ia melebar lagi di tikungan empat.

Marquez mencoba menyalip lagi di tikungan terakhir jelang putaran ke-14! Lagi, Bagnaia bisa mengatasinya dengan baik. Sementara, Martin tak berdaya di posisi tiga dengan jarak 1 detik. Bagnaia mempertahankan posisi terdepan hingga putaran akhir.

Kemenangan itu membuat sang juara dunia bertahan Francesco Bagnaia, kini mengumpulkan 436 angka. Ia masih terpaut 17 poin dari Jorge Martin yang bertengger di puncak klasemen bermodal nilai 453.

Tentu saja, selisih itu sangat sengit menjelang dua seri terakhir. Dengan demikian, Bagnaia dan Martin resmi menjadi penantang gelar juara dunia di dua seri tersisa.

Marc Marquez di Buriram, harus puas finis ke-12. Balapan MotoGP Thailand 2024 berakhir pahit bagi The Baby Alien.

Setelah terjatuh saat sedang mengejar Bagnaia di lap ke-14, Marquez sebetulnya bisa ikut balapan lagi. Sayangnya, ia kemudian dihukum turun 1 posisi gara-gara menabrak pembalap lain.

Marquez pada akhirnya hanya mengoleksi lima poin. Dengan torehan 355 angka, ia praktis keluar dari peta persaingan juara dunia. Selisih nilai hingga 81 tak akan terkejar pada dua balapan tersisa.

Maka dari itu, persaingan juara dunia kini hanya tinggal antara Bagnaia dengan Martin. Seri berikutnya, MotoGP Malaysia 2024, bakal krusial untuk kedua pembalap. Seri ke-19 MotoGP 2024 itu dihelat pada 1-3 November mendatang di Sirkuit Internasional Sepang, Selangor. (red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama