Perspectives News

Anggota TP PKK Kelurahan Pedungan Ikuti Pelatihan Banten Otonan Ayaban Tumpeng Solas


Anggota TP PKK Kelurahan Pedungan saat mengikuti pelatihan Banten Otonan Ayaban Tumpeng Solas, di Balai Banjar setempat, Minggu (20/10/2024).  (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Kelurahan Pedungan menggelar pelatihan Banten Otonan Ayaban Tumpeng Solas bagi sejumlah anggota TP PKK Banjar Pitik, Kelurahan Pedungan, di Balai Banjar setempat, Minggu (20/10/2024) siang.

Lurah Pedungan, I Kadek Ermanto saat dikonfirmasi menerangkan, pelatihan ini begitu penting karena memberikan pemahaman bagi para wanita Hindu tentang makna banten itu sendiri.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan penjelasan yang benar, sehingga nantinya masyarakat bisa mengajarkan arti dan makna banten kepada generasi berikutnya. 

"Dengan kemasan yang menarik dan asyik, anak-anak terutama generasi muda diharapkan akan suka membuat banten, terutama banten Otonan yang digunakan dalam lingkungan rumah tangga. Kami ucapkan terima kasih kepada WHDI Kota Denpasar yang telah mendatangkan narasumber yang memberikan materi pelatihan ini," ujarnya.

Salah satu narasumber WHDI Kota Denpasar, Ni Wayan Sukerti mengemukakan, dalam pelatihan ini diberikan pembinaan mulai dari cara matuasan, merangkai janur, dan matanding sesuai dengan sastra Agama Hindu. 

"Selain itu, dari pelatihan ini minimal ibu-ibu rumah tangga mengetahui dan bisa membuat banten otonan untuk anggota keluarga di rumah sendiri sesuai dengan sastra Agama Hindu," ujarnya.

Disampaikan pula, pelatihan membuat banten otonan selain untuk meningkatkan pemahaman krama agar bisa membuat sesuai dengan sastra, juga untuk memperkenalkan bahwa membuat banten tidak rumit, terutama bagi pemula. 

"Melalui pelatihan ini diharapkan warga dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam membuat banten Otonan yang tidak terlepas dari sastra Agama Hindu," harapnya.  (win/hum)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama