Perspectives News

XL Axiata Terapkan Solusi IoT untuk Budidaya Maggot dan Hidroponik di Malang

XL Axiata terus perluas implementasi solusi digital berbasis IoT di Pondok Pesantren Tholabie CIBS, Malang, Jawa Timur dengan menerapkan solusi IoT untuk budidaya maggot dan hidroponik.  (Foto: XL Axiata)

MALANG, PERSPECTIVESNEWS- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus perluas implementasi solusi digital berbasis Internet of Things (IoT) di Pondok Pesantren Tholabie Classic International Boarding School (CIBS), Malang, Jawa Timur dengan menerapkan solusi IoT untuk budidaya maggot dan hidroponik.

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto meresmikan proyek kerja sama ini di Malang, Rabu (25/9/2024). 

Kerjasama dilakukan bersama mitra kolaborasi Yayasan Benihbaik, Komunitas Bloggercrony, Yayasan Majelis Taklim XL.

Dodik Ariyanto mengatakan, “Melalui Program Pesantren Digital, XL Axiata menyediakan sejumlah solusi digital yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman pengelola pondok pesantren di seluruh Indonesia. Penyediaan solusi IoT ini juga merupakan implementasi beberapa dari sekian banyak hasil inkubasi IoT di Laboratorium XCamp XL Axiata. Dipilih beberapa solusi IoT yang memang cocok dan dapat diterapkan, sehingga diharapkan dapat tercipta pemberdayaan ekonomi di lingkungan Pesantren dan #jadilebihbaik, seperti yang dilakukan di Pesantren Pesantren Tholabie Classic International Boarding School (CIBS), Malang ini,” ungkapnya.

Solusi IoT Maggot dikembangkan oleh XCamp sebagai laboratorium pengembangan solusi IoT milik XL Axiata untuk budidaya maggot, yang memiliki sejumlah fitur pemantauan lingkungan dan kontrol suhu atau kelembaban di lokasi peternakan Black Soldier Fly (BSF). BSF ini adalah jenis lalat yang telurnya kemudian menjadi larva Maggot.

Manfaat dari solusi ini adalah untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional dan sumber data untuk keperluan Big Data dan Artificial Intelligent untuk mempermudah perencanaan, proyeksi, hingga perawatan.

Budidaya maggot ini secara tidak langsung juga mendukung program pengolahan dan pemberdayaan sampah organik dan non organik di pesantren tersebut.

Solusi IoT untuk hidroponik ini juga telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas rata-rata lebih dari dua kali lipat. Sebelumnya, tanpa menggunakan alat ini, pengukuran nutrisi untuk tanaman dilakukan secara manual sehingga terdapat kecenderungan terjadi ketidakakuratan pengukuran dan keterlambatan penambahan nutrisi. Hal ini menyebabkan pertumbuhan tanaman kurang konsisten dan mempengaruhi produktivitas.

Sebelumnya, XL Axiata juga telah menerapkan solusi IoT Maggot dan dan hidroponik di sejumlah pondok pesantren. Antara lain adalah XMaggot dan Hidroponix di Pesantren Hidayatulloh Depok Jawa Barat, XMaggot di Pesantren Al Idrisiyah Tasikmalaya Jawa Barat, Pesantren KH. Mas Mansur MBS Brebes Jawa Tengah, Pesantren Miftahul Ulum Sekar Anyar Pamekasan Madura Jawa Timur, Pesantren Madrasatul Quran At Tauhid Sidoarjo Jawa Timur.

Selain itu, untuk meningkatkan literasi digital bagi pondok pesantren dan lingkungan sekitar, XL Axiata juga memberikan pelatihan tentang Pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) untuk Marketing Digital. (lan)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post