Perspectives News

Wujudkan Posyandu Berkualitas, Pemkot Denpasar Gelar Peningkatan Kapasitas Kader

 

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara saat acara peningkatan kapasitas Kader Posyandu Kecamatan Denpasar Timur dan Denpasar Utara di Hotel Grand Shanti, Jalan Patih Jelantik, Senin (2/9/2024). (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bersinergi dengan TP PKK Kota Denpasar, menggelar peningkatan kapasitas Kader Posyandu Kecamatan Denpasar Timur dan Denpasar Utara di Hotel Grand Shanti, Jalan Patih Jelantik, Senin (2/9/2024). Kegiatan ini bertujuan membentuk Posyandu Aktif sebagai wadah kesehatan siklus kehidupan demi mewujudkan masyarakat Denpasar sehat dan sejahtera.

Hadir langsung pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, dan juga Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, serta segenap pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Dalam arahannya, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara mengatakan, sebagai garda terdepan para kader posyandu perlu untuk mendapatkan akses materi dan pengetahuan yang baik dan optimal, agar dapat menyelenggarakan kegiatan posyandu yang aktif dan berkualitas.

"Jadi hari ini kami menggelar pelatihan dan pemberian materi kepada para kader posyandu hari ini, sebagai bentuk implementasi dari tujuan pembentukan posyandu, yakni sebagai wadah layanan kesehatan yang tidak hanya berfokus pada balita, namun telah berkembang menjadi pelayanan kesehatan bagi siklus kehidupan. Untuk merealisasikannya, maka diperlukan SDM kader posyandu yang betul-betul berkualitas," ujar Ny. Antari Jaya Negara.

Ny. Antari Jaya Negara juga menyinggung soal pembentukan Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) yang mengintegrasikan layanan kesehatan bagi ibu hamil, balita, anak-anak, remaja dan dewasa, serta lansia. Posyandu ILP juga dapat dijadikan sebagai lini terdepan untuk mendeteksi kesehatan masyarakat di tingkat Desa/Kelurahan.

"Saya mengharapkan kepada para kader Posyandu yang hari ini mengikuti kegiatan ini untuk dapat menyimak dengan baik semua pengetahuan yang didapat hari ini. Sehingga nanti ibu ibu dapat mengimplementasikan setelah kembali ke wilayah masing masing," pesannya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Alit Wiradana dalam kesempatan yang sama juga menekankan, semua OPD Pemerintah Kota Denpasar siap untuk melakukan sinergitas dalam memberikan layanan kesehatan yang bersifat holistik dan berkesinambungan. Hal ini, kata Alit Wiradana juga adalah langkah konkret menjaga kesehatan masyarakat dari berbagai lapisan.

"Seperti hari ini beberapa OPD turut serta dalam kegiatan peningkatan kapasitas kader posyandu. Ini adalah bentuk komitmen Pemkot Denpasar untuk memberikan layanan kesehatan dasar bagi masyarakat, dan juga menyiapkan generasi yang sehat dan sejahtera," katanya. (win)

Post a Comment

Previous Post Next Post