Perspectives News

Polda Sumut Kerahkan 1.123 Personel, Pastikan Tidak Ada Alat Berat di Area Stadion

 

Alat berat dan truk hingga Selasa (17/9/2024) masih terlihat di area Stadion Utama Sport Center Sumut yang masih belum selesai total pengerjaannya. (Foto: djo)

MEDAN, PERSPECTIVESNEWS - Polda Sumatera Utara bakal mengerahkan 1.123 personel untuk mengamankan pelaksanaan penutupan PON XXI/2024 Aceh-Sumut, yang rencananya dilakukan Presiden Joko Widodo pada Jumat (20/9/2024) mendatang.

Wakapoda Sumut, Brigjen Pol Rony Samtana menjelaskan seribu lebih personel tersebut terdiri dari 882 polisi dan sisanya dari Satpol PP serta pasukan pemadam kebakaran (damkar).

“Kami akan lakukan rekayasa sedemikian rupa agar penutupan PON berjalan lancar, aman dan menyenangkan bagi masyarakat yang diperkirakan bakal berduyun-duyun ke stadion,” ujar Brigjen Rony kepada pers di Media Center Utama PON, Medan, Selasa (17/9/2024).

Penutupan PON di Sport Center Sumut, Deli Serdang, kata dia, merupakan momen penting sehingga harus benar-benar nyaman bagi penonton walaupun stadion tersebut akses masuknya masih berantakan. Karena itu Rony memastikan saat penutupan nanti tidak ada lagi alat berat di kawasan stadion.

"Kita sudah bisa memastikan pada saat penutupan nanti tidak akan lagi ada alat-alat berat. Dengan demikian kenyamanan pengunjung akan terjamin sekaligus dapat memaksimalkan penggunaan lokasi di sekitar Sport Center Sumut, seperti terkait dengan lapangan parkir,” ucapnya.

Dia mengatakan Stadion Utama berkapasitas 25 ribu penonton itu pada bagian timur belum bisa digunakan. Untuk mengantisipasi membeludaknya penonton, pihak panitia sudah menyiapkan videotron yang bisa menyaksikan upacara penutupan dari luar stadion.

 Sebelumnya dalam konferensi pers, Senin (16/9/2024), Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XXI Tahun 2024 Wilayah Sumut telah menyatakan bahwa Stadion Utama Sport Center Sumut siap digunakan sebagai lokasi penutupan PON.

"Stadion utama sudah siap untuk dilaksanakan fungsinya, fungsi daripada pelaksanaan closing ceremony," kata Ketua Bidang Upacara PB PON XXI Wilayah Sumatera Utara Mahfullah Pratama Daulay.

Mahfullah menjelaskan kesiapan itu dibuktikan dengan atap yang sudah terpasang 100 persen per 12 September 2024 pukul 15.00 WIB. Lalu, pemasangan lampu jalan dan lampu stadion telah rampung per 15 September 2024. Berikutnya, jalan di sekitar stadion yang telah diaspal, lapangan yang telah siap digunakan, bahkan fasilitas-fasilitas lainnya, seperti toilet dan ruangan ganti juga siap untuk digunakan.

"Ruas-ruas ruangan yang akan digunakan nantinya sebagai pelaksanaan penutupan acara seluruhnya sudah terfungsikan. Ini nantinya pengunjung untuk ke stadion, baik ke toilet, ruangan ganti, atau untuk pemanfaatan daripada seluruh pengisi acara, seluruhnya sudah berfungsi," ujar dia. (djo)

Post a Comment

Previous Post Next Post