Perspectives News

Pemkot Denpasar Raih Penghargaan IMDI Kategori Sangat Tinggi Dari Kemkominfo RI

Kepala Kemkominfo RI, Budi Arie Setiadi saat menyerahkan penghargaan IMDI kepada Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, di The Westin Hotel Jakarta, Selasa (10/9/2024). (Foto: Humas Denpasar)

JAKARTA, PERSPECTIVESNEWS- Pemkot Denpasar kembali meraih penghargaan Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI kategori sangat tinggi dengan nilai 52,54.

Pada gelaran tersebut Kota Denpasar didaulat menjadi Kota dengan klasifikasi nilai sangat tinggi dalam Survei IMDI yang menyasar 18.000 responden yang tersebar di 514 kabupaten/kota se-Indonesia karena dinilai mampu melakukan literasi digital kepada kelompok masyarakat sasaran khusus seperti kelompok rentan, perempuan, peserta dan tenaga pendidik.

Hal ini tidak terlepas dari komitmen mendukung percepatan pelayanan berbasis elektronik dan digitalisasi di Pemkot Denpasar.

Penyerahan Penghargaan IMDI diserahkan langsung Kepala Kemkominfo RI, Budi Arie Setiadi yang diterima Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, di The Westin Hotel Jakarta, Selasa (10/9/2024). Selain penyerahan penghargaan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peluncuran IMDI 2024.

Sebagai informasi, IMDI 2024 merupakan agenda Kementerian Kominfo yang bertujuan untuk mengukur tingkat kompetensi dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Kemkominfo RI, Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa IMDI adalah upaya pengembangan masyarakat, yang pertama kali diinisiasi sebagai bentuk konkrit dan implementasi G20 Toolkit for Measuring Digital Literacy and Digital Skills yang dihasilkan dalam forum G20 Digital Economy Working Group.

"Perhitungan IMDI dilaksanakan secara berkala untuk memantau perkembangan kondisi masyarakat digital di Indonesia, baik secara Nasional ataupun Provinsi hingga Kabupaten/Kota," ujarnya.

Lebih dari itu, Budi Arie juga menyampaikan, selain mengukur nilai IMDI, di tahun 2024 ini juga dilakukan advokasi pemanfaatan IMDI kepada pemerintah daerah.

"IMDI diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dalam perencanaan program pengembangan SDM digital berbasis kewilayahan, yang mencakup 4 pilar penyusunannya yaitu Infrastruktur dan Ekosistem, Keterampilan Digital, Pemberdayaan dan Pekerjaan," lanjutnya.

Sementara itu, Sekda Kota Denpasar, Alit Wiradana mengaku bersyukur atas capaian penghargaan IMDI 2024 yang kembali diraih tahun ini. Hal tersebut menunjukkan inovasi dan terobosan Pemkot Denpasar diakui secara nasional.

"Tentunya gerakan besar ini tidak bisa dilakukan pemerintah semata, spirit vasudeva kutumbhakam, spirit bergotong royong menjadi semangat pendorong pelaksanaan literasi digital yang menyasar berbagai kalangan ini,” jelasnya.  (eka/hum)

Post a Comment

Previous Post Next Post