Perspectives News

Pemkot Denpasar Luncurkan Literasi Digital Majalah Widya Catha

 

Ketua GOPTKI Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana saat peluncuran literasi digital Majalah Widya Catha di Aula Universitas Terbuka, Jalan Raya Sesetan, Senin (23/9/2024). (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga meluncurkan literasi digital Majalah Widya Catha di Aula Universitas Terbuka, Jalan Raya Sesetan, Senin (23/9/2024).

Literasi Majalah Widya Catha digadang akan menjadi media penunjang peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di Kota Denpasar.

Hadir pada kesempatan tersebut, antara lain Ketua GOPTKI Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Advisor Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Butet Linda H. Panjaitan, dan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan Olahraga Kota Denpasar, Anak Agung Gede Wiratama.

Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara dalam sambutan dibacakan Ketua GOPTKI Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana mengatakan, peluncuran Majalah Widya Catha adalah sebuah inovasi program literasi yang perlu diapresiasi, karena merupakan komitmen kuat seluruh pihak dalam mendorong kemajuan literasi.

"Saya berharap Majalah Widya Catha akan mampu menjadi wadah berinovasi, berprestasi dan juga menciptakan insipirasi bagi dunia pendidikan. Saya juga mendorong partisipasi aktif dari semua lapisan untuk merealisasikan pendidikan merata dan juga inklusif," tuturnya.

Widnyani Wiradana menyampaikan, pada era society 5.0, selain kemampuan digitalisasi, nilai sosial budaya dan kearifan lokal juga tetap harus dipertahankan sebagai penyeimbang agar kelak generasi masa depan tetap dapat melestarikan budaya daerahnya.

"Meski era digitalisasi sudah sangat melesat perkembangannya, namun kearifan lokal dan nilai budaya harus tetap ada," lanjutnya.

Kepala Disdikpora Kota Denpasar, Anak Agung Gede Wiratama dalam kesempatan itu menerangkan, Widya Catha bermakna sumber ilmu dan pembelajaran, yang ditujukan sebagai mercusuar bagi peningkatan kualitas pendidikan.

"Kita berharap semua pendidik dapat berbagi pelajaran, pengalaman, pengetahuan media menginspirasi para guru sesuai dengan tantangan zaman. Dalam hal ini, Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya mengkolaborasikan segala strategi untuk peningkatan mutu baik antara guru, pemangku kepentingan mampu melahirkan generasi maju namun bernilai sosial budaya," ungkapnya.

Ia menambahkan, pada Oktober 2024 nanti akan ada sosialisasi revitalisasi bahasa daerah sebagai identitas kebudayaan dan bahasa Inggris sebagai pintu masuk dunia internasional.

"Kita harapkan akan ada peningkatan mutu bahasa daerah dan bahasa Inggris sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita. Semoga ini akan berdampak bagi perkembangan pendidikan yang lebih baik," tambahnya. (win)

Post a Comment

Previous Post Next Post