Perspectives News

Kondisi Angin Akibatkan Pemanah Gusti Fazli Raih Perak

 

Pemanah putra Bali, Gusti Fazli Kertinegoro harus puas dengan medali perak nomor Individual Recurve Putra PON XXI/2024, Sabtu (14/9/2024) (Foto: Tim Perpani Bali)

BANDA ACEH, PERSPECTIVESNEWS - Kondisi angin yang tidak bersahabat menyebabkan pemanah putra Bali, RM. Gusti Fazli Kertinegoro harus puas dengan medali perak PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Bertanding di final nomor Individu Recurve Putra, di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024), Gusti Fazli yang ditarget meraih medali emas kalah lawan wakil Jawa Barat (Jabar) Ahmad Khoirul Basith dengan skor 4-6.

Sekretaris Umum Pengprov Perpani Bali yang juga salah seorang pelatih Tim Panahan PON Bali, Infithar Fajar Putra, mengatakan Gusti Fazli yang merupakan siswa SMA Primagama dan dari klub panahan Bali Archery School (BAS) kalah dari Ahmad Khoirul Basith karena angin tidak bersahabat kepadanya.

“Kami bukan bermaksud mencari kambing hitam karena Gusti Fazli meraih medali perak dan bukan medali emas, namun memang kondisinya angin seperti itu. Jadi saat Ahmad Khoirul Basith melakukan shooting, saat itu angin tidak begitu besar, sebaliknya saat Gusti Fazli shooting malah anginnya cukup kencang. Akibatnya, anak panah Gusti Fazli melaju tidak bagus,” tutur Infithar Fajar Putra.

Persaingan keduanya saat final memang sangat ketat. Awalnya Gusti Fazli ketinggalan lebih dulu 0-2 selanjutnya Gusti Fazli mengejar menjadi 2-2 selanjutnya Gusti Fazli unggul 4-2 tapi kembali disusul menjadi 4-4 dan kondisi angin memaksa Gusti kalah dengan skor 4-6.

“Kami tidak bisa berbuat apa-apa karena itu sudah kehendak alam dan Gusti Fazli memang kurang beruntung. Tapi perjuangan saat bertanding bukan main luar biasa ditunjukkan Gusti Fazli,” terang pria yang juga pengurus PB Perpani itu.

Basith sendiri diakuinya, memang merupakan atlet panahan penghuni Pelatnas Panahan tahun 2023 dan pernah dikalahkan Gusti Fazli saat Kejurnas Junior Panahan tahun 2022 di Yogyakarta silam dengan skor telah Gusti Fazli menang 6-0.

“Tapi ini pencapaian yang sudah bagus meski ada kendala alam. Ke depannya setidaknya bisa akan lebih meningkatkan prestasi bagus bagi Gusti. Semoga di nomor lainnya akan pecah medali emas PON 2024, dan medali perak menjadi motivasi para pemanah Bali lainnya yang belum bertanding,” pungkas Fajar Putra. (djo)

Post a Comment

Previous Post Next Post