Perspectives News

Hadirkan Kartunis Django Paramarta, KPU Bali Sosialisasikan Tahapan Pemilihan Lewat Lomba Mural

Ketua KPU Gede Lidartawan menyaksikan Kartunis Django Paramarta membuat profil pemimpin Bali masa depan lewat goresan kanvasnya, di halaman Kantor KPU Bali, Sabtu (14/9/2024), bersamaan digelarnya lomba mural, poster dan pameran kartun.  (Foto: Perspectives)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali melaksanakan sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, dengan cara berbeda dan unik yakni menggelar lomba mural, poster dan pameran kartun, di halaman Kantor KPU, Sabtu (14/9/2024).

Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan mengatakan, pihaknya ingin melakukan sosialisasi dengan cara berbeda.

“Selama ini sosialisasi hanya mengundang desa adat, atau dipaksa banjar. Kali ini saya ingin berikan kesempatan kepada para seniman untuk menyatakan keinginannya tentang Bali ke depan, sesuai tema ‘Bali yang Diinginkan’,” ujarnya.

Hasil dari lomba ini akan dipajang saat pengundian nomor Paslon pada 23 September 2024 mendatang, sehingga para calon pemimpin Bali bisa melihat apa yang diinginkan masyarakat untuk Bali ke depan.

“Nanti ada 200 orang tim mereka yang akan datang dan akan melihat bagaimana kaum seniman atau masyarakat ingin Bali seperti apa ke depannya,” tukasnya.

Lidartawan menambahkan, dari pada corat-coret di tembok, lebih baik mereka ikutan lomba. Jadi dalam rangka Pilkada ini, pihaknya ingin mereka punya ajang untuk mengekspresikan diri. Mau jadi apa Bali itu?.

“Nanti kita lihat dari hasil karya mereka dan ini bagian dari demokrasi. Masukan-masukan masyarakat yang dituangkan lewat goresan ini akan kami pajang di sini,” ucap Lidartawan.

Kemudian, lanjutnya, pada tanggal 23 September nanti saat pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon, mereka beserta pendukungnya pasti datang. “Kami ingin tunjukkan inilah yang diinginkan masyarakat Bali yang diekspresikan melalui mural dan poster ini,” imbuhnya.

Sementara perwakilan juri, Anak Agung Gede Bagus Udayana mengatakan, ada 75 peserta lomba poster dan mural yang mendaftar. Dari 75 karya ini dipilih sebanyak 10 karya terbaik untuk lomba poster dan 13 terbaik untuk lomba mural.

Turut meramaikan pameran, kartunis Django Paramarta yang mengatakan, ajang ini dapat mengasah generasi muda untuk lebih kritis dengan kondisi saat ini.

“Aspirasi lewat pameran kartun, mural dan poster ini mewakili aspirasi masyarakat. Apa yang dilakukan KPU Bali sangat berani dan cerdas,” ujar Django.

Sebagai seniman dia ingin pemimpin Bali memberikan contoh nyata dan bukan hanya janji-janji manis. “Pemimpin Bali terpilih harus bisa menyelesaikan berbagai masalah, dari sampah, masalah bule nakal hingga kemacetan,” ujarnya.  (lan)

Post a Comment

Previous Post Next Post