Perspectives News

Di Ajang MotoGP Mandalika 2024, Indosat Ajak Masyarakat Kelola ‘Sampah Jadi Pulsa’

 

Indosat meluncurkan kampanye lingkungan bertajuk #TrashFreeRace, sebagai bagian dari inisiatif CSR di Pilar Lingkungan, selama penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024, di Mataram, 27-29 September 2024.  (Foto: IOH)

MATARAM, PERSPECTIVESNEWS- Mendukung terjaganya kelestarian lingkungan keberlanjutan selama penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) meluncurkan kampanye lingkungan bertajuk #TrashFreeRace, sebagai bagian dari inisiatif CSR di Pilar Lingkungan.

Kampanye ini bertujuan mendorong kesadaran masyarakat dan para penonton MotoGP Mandalika tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan melalui pengelolaan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai tambah.

Melalui kampanye ini, Indosat memperkenalkan solusi inovatif “Sampah Jadi Pulsa”, dimana para penonton MotoGP Mandalika dan masyarakat setempat dapat menukarkan sampah botol plastik menjadi pulsa atau paket data, baik IM3 maupun Tri. Reverse Vending Machine (RVM) atau dropbox “Sampah Jadi Pulsa” akan ditempatkan di sekitar Sirkuit Mandalika, agar masyarakat berkontribusi menjaga kebersihan lingkungan sambil menikmati ajang balap dunia ini.

Bekerja sama dengan pelaku usaha lokal, Indosat menempatkan lima unit dropbox sampah botol plastik di lokasi strategis di Kuta Mandalika. Kolaborasi ini memperluas jangkauan kampanye dan memperkuat keterlibatan masyarakat menjaga kebersihan. Kampanye digital di berbagai platform juga menyebarkan pesan tentang pengelolaan dan pemilahan sampah yang benar, serta mengedukasi publik mengenai dampak positif dari pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Fahd Yudhanegoro, EVP Head of Circe Java Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, Indosat berkomitmen mendukung MotoGP Mandalika 2024, tidak hanya memastikan jaringan optimal, juga kelestarian lingkungan yang keberlanjutan.

“Melalui kampanye #TrashFreeRace, diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk menyebarkan gerakan melestarikan lingkungan secara berkelanjutan sambil memberdayakan masyarakat untuk mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat,” jelas Fahd.

Untuk berpartisipasi gerakan ini, kata Fahd, masyarakat cukup datang ke dropbox Sampah Jadi Pulsa dengan membawa botol plastik dan memastikan memiliki nomor Indosat (IM3 atau Tri) yang aktif. Setelah memasukkan nomor ponsel terdaftar dan verifikasi One-Time-Password (OTP), mereka dapat memasukkan botol plastik akan dikonversi menjadi poin.

Setiap botol bernilai 50 poin, dengan minimal 1.000 poin untuk penukaran. QR Code akan muncul menukarkan poin menjadi pulsa. Selama kampanye #TrashFreeRace Mandalika, setiap pengunjung mendonasikan botol pertamanya langsung menerima 1.000 poin sebagai apresiasi atas partisipasi mereka dalam program ini. Botol plastik bekas yang terkumpul melalui RVM dikelola oleh Conplas, mitra pengelola sampah lokal, sebagai bagian dari upaya pemberdayaan komunitas UMKM.  (lan)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post