Perspectives News

Cluster Aceh, Bali Raih Emas Pertama dari Cabor Rugby

 

Selebrasi tim rugby putri Bali setelah memastikan meraih medali emas PON XXI/2024, Kamis (12/9/2024) (Foto: djo)

BANDA ACEH, PERSPECTIVESNEWS - Cabang olahraga rugby menjadi cabor pertama yang mempersembahkan medali bagi Bali di PON XXI/2024 Aceh-Sumut untuk cluster Aceh. Sedangkan untuk cluster Sumatera Utara, Bali sudah mendulang 11 medali emas.

Bertanding di Lapangan Rugby Lambung, Banda Aceh, Kamis (12/9/2024), tim rugby putri Bali dikapteni Ni Made Lusiana Gustanti di final mengalahkan tim rugby putri Yogyakarta dengan skor 31-5. Prestasi emas ini yang pertama dicatat tim rugby Bali karena di PON XX/2022 Papua lalu hanya meraih perunggu.

Tim rugby Bali di PON XXI mengikuti dua nomor, yakni X putra dan putri, dari empat nomor yang dipertandingkan. Sedangkan tim putra harus pulang ke Bali tanpa medali setelah dikandaskan oleh lawannya tim Kalimantan Timur.

"Kami menyelesaikan pertandingan di final melawan Jogja dengan skor cukup telak ini yang kita tunggu dua tahun lalu ketika persiapan BK PON, kami sangat mengejar emas di nomor ini dari 4 nomor, dengan persiapan matang kami bisa eksekusi hari ini," beber pelatih tim rugby Bali, Wira Ditta Lokantara.

Tim Rugby Putri Bali kali ini mengerahkan gabungan tim senior yang berlaga pada PON XX Papua lalu dan pemain-pemain junior yang tampil solid mengatasi perlawanan Yogyakarta.

"Atlet PON kali ini gabungan senior dan junior, kami lakukan regenerasi dilaksanakan berlanjut, pembinaan Porprov sukes, untuk tim junior agar tidak mudah puas, namun ini menjadi pondasi kedepan semakin kokoh kedepan, terus memperbaiki apa yang dilakukan di Aceh ini," ujar dia.

Sementara itu, kapten tim rugby Bali, Ni Made Lusiana Gustanti, tak bisa menahan haru saking bahagianya mencatatkan sejarah emas rugby untuk Bali di ajang PON.

"Saya bangga seneng banget, ini menjadi emas pertama kita di PON setelah kemarin gagal di semifinal di Papua, sekarang mencetak sejarah Rugby Bali di sini," bebernya.

Sebagai pemain senior, ia juga meminta rekan-rekannya tidak puas hanya di sini saja namun terus meningkatkan kapasitas menghadapi kejuaraan- kejuaraan nasional berikutnya.

Medali emas rugby ini diapresiasi Ketua Umum KONI Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan yang menyaksikan lagsung partai puncak final ini.

Bahkan Oka mengaku terharu melihat perjuangan tim rugby putri Bali yang berjuang jatuh bangun di tengah terik matahari, berjuang ekstra keras mampu mempersembahkan medali emas untuk Pulau Dewata.

"Akhirnya medali emas pertama kami di Aceh pecah telur, saya menyaksikan langsung saya terharu saya nangis melihat perjuangan keras anak-anak, perempuan, bagaimana mereka body contact, semua kerja keras untuk mendapatkan emas ini, begitu jadi juara, tidak gampang, tidak hanya fisik tapi juga keperanian," kata Oka Darmawan. (djo)

Post a Comment

Previous Post Next Post