Perspectives News

‘Amman Mineral Men’s World Tennis Championship 2024’ di Bali, Peluang Petenis Indonesia Bersaing di Level Dunia

 

Presscon terkait penyelenggaraan ‘Amman Mineral Men's World Tennis Championship 2024’ di Nusa Dua, Bali, Minggu (1/9/2024). (Foto: Perspectives)

BADUNG, PERSPECTIVESNEWS- Kejuaraan tenis internasional “Amman Mineral Men’s World Tennis Championship 2024” resmi digelar di Lapangan Tenis The Nusa Dua, Bali, mulai 25 Agustus hingga 25 September 2024.

Turnamen ini merupakan bagian dari seri tahunan yang diselenggarakan oleh International Tennis Federation (ITF), khusus untuk kategori putra.

“Turnamen dihelat dalam empat series dengan dua kategori yaitu M15 dan M25, dan akan diikuti oleh sekitar 300 atlet tenis nasional dan mancanegara seperti Christopher Rungkat, Rifqi Fitriadi, Nathan Barki, Omar Jasika yang berperingkat 248 dunia, Jay Clarke, Blake Ellis serta banyak lagi lainnya,” jelas Lani Sardadi, Direktur Turnamen Amman Mineral Men’s World Tennis Championship 2024, pada presscon di Nusa Dua, Bali, Minggu (1/9/2024).

Disebutkan Lani, turnamen ini dibagi menjadi empat seri, dimulai dengan kategori M15 pada 25 Agustus hingga 1 September dengan total hadiah USD 15.000. Seri kedua akan berlangsung dari 2 hingga 8 September dengan kategori M25 dan hadiah sebesar USD 25.000. Kategori M25 kembali dilaksanakan pada 9 hingga 15 September, dan turnamen ditutup dengan kategori M15 dari 16 hingga 25 September.

Kompetisi tenis bertaraf internasional ini sebelumnya terus diselenggarakan di Jakarta. Di tahun 2024 ini, Bali dipilih menjadi tuan rumah.

Menurut Lani Sardadi, perpindahan lokasi ini didasari oleh berbagai tujuan. ”Tahun ini, lokasi penyelenggaraan kejuaraan berpindah dari Jakarta ke Bali. Tujuannya untuk mengangkat potensi pariwisata dan ekonomi Bali melalui pariwisata olahraga (sport tourism). Kami berharap suasana baru ini dapat meningkatkan semangat dan performa para atlet tenis Indonesia sehingga mereka dapat mencetak prestasi di ajang internasional,” harap Lani.

Lani juga menyebutkan, jika fasilitas pendukung seperti club house selesai dibangun, Nusa Dua akan semakin sering menjadi tuan rumah turnamen tenis bertaraf internasional yang terdaftar dalam kalender tetap ITF maupun ATP Tour.

Muhammad Rifqi Fitriadi, salah satu atlet petenis nasional yang ikut serta, mengungkapkan bahwa kejuaraan ini merupakan kesempatan bagi para petenis nasional untuk mengukur kemampuan mereka di kancah internasional.

Lani Sardadi, Direktur Turnamen Amman Mineral Men’s World Tennis Championship 2024 (kiri) usai penyerahan piagam penghargaan kepada pihak sponsor, di Nusa Dua, Minggu (1/9/2024). (Foto: Perspectives)

Kejuaraan ini didukung oleh sejumlah sponsor, antara lain PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMAN) sebagai sponsor utama, Bank BNI, Permata Bank, Injourney dan Injourney Tourism Development Corporation (ITDC) dan turut didukung oleh The Nusa Dua, Dunlop, Eternal Plus, and Pocari Sweat.

Vice President Corporate Communications and Investor Relations AMMAN, Kartika Octaviana, menyampaikan bahwa dukungan untuk kompetisi ini merupakan wujud komitmen AMMAN dalam membuka peluang bagi atlet tenis muda Indonesia bersaing di kancah internasional.

Turnamen ini digelar secara back-to-back dalam empat rangkaian dengan jadwal sebagai berikut:
1. ITF WTT M15K – 26 Agustus s/d 01 September 2024
2. ITF WTT M25K – 02 s/d 08 September 2024
3. ITF WTT M25K – 09 s/d 15 September 2024
4. ITF WTT M15K – 16 s/d 23 September 2024

Kompetisi ini akan diikuti oleh pemain dari lebih dari 50 negara, termasuk Indonesia, Jepang, Amerika Serikat, Belgia, Australia, Swiss, dan banyak lagi, menjadikan ajang ini sebagai salah satu turnamen tenis paling bergengsi di Asia Tenggara.  (lan)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post