Perspectives News

Jembrana Tuan Rumah Tarkam Kemenpora, Pertandingkan Empat Cabor

Bupati Tamba didampingi Sekretaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Triyono saat melepas balon ke udara tanda dibukanya pelaksanaan Tarkam 2024, di Depan Kantor Bupati Jembrana, Jumat (23/8/2024).  (Foto: Humas Jembrana) 

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS- Kabupaten Jembrana kembali terpilih menjadi tempat penyelenggaraan Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) 2024 yang diinisiasi Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Tahun ini mempertandingkan empat cabang olahraga (Cabor) yakni Fun Run, lomba senam, bola volly dan bulu tangkis. 

Pembukaan Tarkam Kemenpora 2024 dilaksanakan di Depan Kantor Bupati Jembrana, diikuti peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Jembrana, Jumat (23/8/2024). 

Acara dibuka Sekretaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Triyono didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba. 

Dalam sambutannya, Triyono mengatakan, Bali memang ada 9 Kabupaten/kota, tapi yang terpilih untuk kejuaraan Tarkam untuk di Bali ada 2 kabupaten yang dipilih yaitu Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Jembrana.

"Ini tidak ada intervensi dari jajaran Disdikpora Kabupaten Jembrana, tetapi ini murni bagaimana perhatian Kemenpora untuk bisa memajukan kejuaraan ataupun atlit-atlit yang nantinya bisa berpentas di dunia nasional maupun internasional," ucapnya.

Dikatakan, Tarkam ini bertujuan untuk menggali atlet-atlet yang ada di daerah, sehingga dengan diadakan acara ini diharapkan dapat menggali potensi atlit yang ada di daerah.

"Kita tahu bahwa atlet-atlet munculnya dari daerah, sehingga dengan kejuaraan antar kampung ini kita bisa menggali potensi yang ada dan bisa memunculkan atlet-atlet yang ada di daerah," jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan ini, perekonomian daerah bisa meningkat, karena di dalam kegiatan ini ada UMKM yang ikut terlibat.

"Kita berharap dengan adanya Tarkam ini, perekonomian yang ada di daerah bisa meningkat, karena UMKM bisa ikut terlibat di dalam kegiatan," harapnya.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mangapresiasi Kemenpora karena Kabupaten Jembrana kembali terpilih menjadi lokasi Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam).

"Kami ucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang pada hari ini Jembrana kembali ditunjuk sebagai penyelenggara dari kegiatan olahraga antar kampong. Mudah-mudahan tahun depan anggarannya lebih diperbesar dan dipilih kembali Jembrana sebagai tuan rumah," ucapnya berharap.

Lebih lanjut, Bupati Tamba berharap kepada seluruh peserta/atlet yang ikut dalam Tarkam ini untuk selalu menjaga sportifitas, agar pelaksanaan Tarkam bisa berjalan dengan baik.

"Kepada seluruh peserta/atlet yang ikut, selamat mengikuti kejuaraan ini. Agar menjunjung tinggi sportifitas dan rasa kebersamaan kita sehingga pelaksanaan Tarkam bisa berjalan dengan baik," harapnya lagi.

Sementara, Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Jembrana, I Komang Trilaksmana menjelaskan, Kabupaten Jembrana menjadi tuan rumah Tarkam Kemenpora untuk kedua kalinya, dan di tahun ini ada 4 Cabor yang dipertandingkan.

"Ini kedua kalinya kita menjadi tuan rumah penyelenggaraan Tarkam ini. Di tahun ini ada 4 Cabor yang dipertandingkan. Hadiah juara langsung dari Kemenpora, karena anggaran kegiatan ini semua dari Kemenpora," tutupnya.  (gus/hms)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post