Perspectives News

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Secara Menyeluruh, Kota Pemkot Kembali Gelar Safari Kesehatan

 

Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa tampak berdialog denga salah seorang warga saat menghadiri safari kesehatan di  Desa Padang Sambian Kelod, Jumat (12/7/2024) (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Dinas Kesehatan Kota Denpasar kembali melaksanakan Safari Kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-60 Tahun 2024 di Banjar Batu Bolong, Desa Padang Sambian Kelod, Denpasar Barat pada Jumat (12/7/2024). Pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

Turut hadir sekaligus melakukan peninjauan Safari Kesehatan Wakil Wali Kota I Kadek Agus Arya Wibawa di dampingi Kadis Kesehatan Kota Denpasar dr. AA Ayu Agung Candrawati, dan Sekretaris Camat Denpasar Barat I Putu Eka Pertama.

Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. AA Ayu Agung Candrawati saat ditemui di sela kegiatan mengatakan,  dalam Safari Kesehatan kali ini beberapa layanan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat antara lain promosi kesehatan, pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi, screening Penyakit Tidak Menular (cek tensi, gula darah, asam urat dan kolesterol) serta pengobatan yang dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas II Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Barat.

"Kami berharap masyarakat dapat lebih intensif melakukan pengecekan kesehatan. Terlebih dalam safari kesehatan ini tidak dipungut biaya dan menyasar lingkup banjar sehingga masyarakat dapat lebih mudah melakukan pengecekan kesehatan," ujar Agung Candrawati.

Dikatakan, safari kesehatan ini bekerja sama dengan RSUD Wangaya yang memberikan pelayanan fisioterapi, YPK (Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali) yang memberikan pelayanan fisioterapi dan pemeriksaan THT, John Fawcett Foundation Indonesia (JFF) yang memberikan pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kaca mata (+ atau -) dan obat tetes mata.

Selain itu, pelayanan juga diberikan Poltekkes Kemenkes Denpasar yang memberikan pelayanan kesehatan komplementer, edukasi dan pameran produk untuk pencegahan stunting serta partisipasi dari Klinik Eswen Medica yang memberikan promosi kesehatan serta pemberian vitamin bagi masyarakat. Kegiatan safari kesehatan dilaksanakan bersamaan dengan posyandu balita & posyandu lansia.

"Tujuan kegiatan untuk memberikan pelayanan kesehatan terpadu dan komprehensif serta mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujarnya. 

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, berharap adanya kegiatan ini dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik. Hal ini utamanya untuk mendapatkan kesempatan untuk konsultasi kesehatan juga dapat meningkatkan pola hidup yang lebih baik.

“Kami mengajak masyarakat memanfaatkan momentum safari kesehatan ini sebagai wahana konsultasi kesehatan dalam rangka mendukung terciptanya masyarakat Kota Denpasar yang sehat,” ujarnya. (wah)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama