Perspectives News

Lahirkan Pembina Berkompeten dan Berkarakter, Kwarcab Denpasar Gelar KMD Golongan Siaga


Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) Golongan Siaga mulai Jumat (5/7/2024) - Rabu (10/7/2024) bertempat di SD Negeri 2 Dangin Puri, Denpasar Utara. (Foto: Dok)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Dalam upaya mencetak dan melahirkan Pembina Pramuka yang berkarakter dan berkompeten, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) Golongan Siaga mulai Jumat (5/7) hingga Rabu (10/7) bertempat di SD Negeri 2 Dangin Puri, Denpasar Utara.

Saat ini, gerakan pramuka harus mampu menjamin tersedianya Pembina Pramuka yang mencukupi, baik jumlah maupun kualitas. Untuk itu, Pemerintah menaruh harapan besar dan sekaligus menjadi tugas mulia bagi gerakan pramuka untuk lebih berperan lagi dalam pembinaan karakter anak-anak dan remaja Indonesia dalam upaya memupuk semangat bela negara dan rasa cinta tanah air yang diwujudkan dengan ditetapkan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah formal.

Pelaksanaan KMD Golongan Siaga Kwarcab Denpasar diikuti 40 orang calon Pembina Pramuka yang terdiri dari 20 orang peserta putera dan 24 orang peserta puteri. Seluruh peserta merupakan utusan dari masing-masing Kwartir Ranting se-Kwarcab Denpasar.

KMD merupakan kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan pramuka yang meliputi perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, dan racana pandega.

Pembukaan KMD Golongan Siaga Kwarcab Denpasar ditandai dengan penyerahan Pataka Pusdiklatcab Denpasar dari Ketua Pusdiklatcab Denpasar Dr. Komang Agus Jaya Mataram kepada Ni Ketut Sulasih, S.Pd., M.Si sebagai pemimpin kursus (Pinsus) dan dilanjutkan dengan penancapan kapak Pusdiklatcab sebagai tanda resmi dimulainya kursus.

Dr. Ir. I Komang Agus Jaya Mataram, M.Kes, MT, Kepala Pusdiklatcab (Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang) Denpasar mengatakan, KMD ini diharapkan dapat mencetak Pembina Pramuka Siaga yang memiliki kualifikasi dan kompeten di bidang pendidikan kepramukaan yang akan membina di gugus depan.

"Kita ingin mencetak Pembina Pramuka Siaga yang berkompeten dan materi yang diberikan dapat di implementasikan di gugus depan masing-masing," kata Agus Jaya Mataram.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Ka.Kwarcab) Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, SE., MM, yang diwakili oleh Dr. I Gusti Lanang Jelantik, M.Si selaku Ketua Harian Kwarcab Denpasar menyampaikan pentingnya KMD bagi calon Pembina Pramuka Siaga se-Kwarcab Denpasar dalam upaya mencetak Pembina Pramuka unggul serta menyebarluaskan materi kepramukaan di Denpasar.

Menurutnya, tujuan KMD ini adalah untuk membekali para Pembina Pramuka tentang pengertian dasar pendidikan Kepramukaan serta garis besar cara membina dan mengelola satuan pramuka di gugus depan. KMD ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi Pembina.  (dwa)

Post a Comment

Previous Post Next Post