Perspectives News

Kontingen Denpasar Berlaga di Karnaval Budaya Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan

 

Wawali Arya Wibawa didampingi Ketua GOW Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa saat menyemangati kontingen Denpasar pada karnaval budaya Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan.  (Foto: Humas Dps)

BALIKPAPAN, PERSPECTIVESNEWS- Kontingen seni dan budaya Pemerintah Kota Denpasar, turut andil memeriahkan Karnaval Budaya Nusantara, pada rangkaian pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024.

Rakernas yang digelar di kawasan BSCC Dome, Rabu (5/6/2024) malam itu juga dihadiri sejumlah anggota delegasi Denpasar untuk menyemangati dan memberi dukungan.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa turut hadir.

Pada malam itu, seluruh kontingen Denpasar melakukan Peed Aya atau iring-iringan pawai dengan menampilkan sejumlah kesenian, seperti Tari Baris, Tari Rejang, Telek, Jauk, Rangda, Topeng Wali, dan lainnya.

Kehadiran duta kesenian Kota Denpasar yang terdiri dari jajaran Lurah/Perbekel dan OPD, seniman, anggota Yowana dan lainnya, tampak menyedot antusiasme dan perhatian masyarakat yang ikut memenuhi lokasi acara.

Wawali Arya Wibawa menuturkan, keikutsertaan Pemerintah Kota Denpasar pada pelaksanaan Karnaval Budaya Nusantara Rakernas APEKSI XVII ini, merupakan realisasi dari semangat untuk merajut keberagaman budaya dari seluruh daerah Nusantara, sebagai modal untuk melanjutkan pembangunan di Indonesia.

"Saya kira ini hal positif karena daerah-daerah di Indonesia dapat saling bertukar dan berbagi wawasan serta potensi masing-masing. Karnaval ini juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan potensi budaya Kota Denpasar kepada masyarakat Nusantara, sehingga dapat meningkatkan potensi dan kunjungan wisata di Denpasar," ujar Arya Wibawa.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, selaku tuan rumah penyelenggara acara, menyebut, pelaksanaan karnaval budaya pada setiap pelaksanaan Raker APEKSI adalah tradisi yang selalu dinanti setiap tahunnya.

Penyelenggaraan karnaval budaya tahun 2024 yang mengusung tema ‘Merajut Keberagaman Budaya Mendukung IKN’, menurutnya adalah bentuk dukungan anggota APEKSI untuk pembangunan ibukota negara ke depannya.

"Karnaval Budaya adalah tradisi yang ditunggu setiap APEKSI. Malam ini kita menyaksikan lebih dari 60 tim delegasi Pemerintah Kota di Indonesia yang merepresentasikan potensi budaya masing-masing, sebagai bentuk dukungan pembangunan IKN," paparnya.

Ketua APEKSI yang juga Walikota Surabaya, Eri Cahyadi mengemukakan, hajatan karnaval budaya pada Rakernas APEKSI XVII, ini mengingatkan kita betapa kayanya keragaman daerah di Indonesia. Meski berbeda-beda, namun saat bernegara maka semua akan menyatu dalam visi misi membangun Indonesia.

"Kehadiran seluruh delegasi di Balikpapan akan membawa berkah tersendiri bagi kita semua. Sebagai wadah bagi 98 kota di Indonesia, tentu ini akan menjadi harapan besar agar kita semua bisa bersinergi dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa," katanya. (win/hum)

Post a Comment

Previous Post Next Post