Perspectives News

Barong Ket Denpasar di PKB XLVI Tampil Beda, Diiringi Sekehe Gong Wanita

 

Wali Kota IGN Jaya Negara bersama Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana, Ketua TP. PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menghadiri Wimbakara Tari Barong Ket PKB XLVI, Minggu (16/6/2024) malam di panggung Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar. (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Duta kesenian Kota Denpasar yang tampil dalam ajang wimbakara (lomba) Tari Barong Ket Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI 2024 menyuguhkan kemasan apik dan tampil beda, pada Minggu (16/6/2024) malam di panggung Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar.

Suguhan berbeda, di mana Duta Barong Ket Denpasar dari Sekehe Nayakanari diiringi penabuh Sekehe Gong Wanita, dan pementasan tari Barong Ket yang apik mampu pukau penonton.

Penampilan Duta Barong Ket Denpasar juga mendapat dukungan dan semangat dari Wali Kota I Gusti Ngurah Jaya Negara yang hadir menyaksikan langsung penampilan Duta Denpasar berhadapan dengan Duta tari Barong Ket dari Kabupaten Bangli dan Klungkung.

Hadir pula memberikan dukungan Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede bersama anggota, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, dan Ketua TP. PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, serta pimpinan OPD Pemkot Denpasar.

Jaya Negara di sela-sela pementasan menyampaikan apresiasi dan rasa bangga dengan penampilan maksimal Duta Barong Ket Kota Denpasar. Terlebih Sekehe Gong Nayakanari yang merupakan sekehe gong wanita dan kali ini menjadi pengiring Tari Barong.

"Apresiasi dengan penampilan maksimal dari Duta Barong Ket Denpasar di ajang PKB tahun ini," ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan, persiapan telah optimal dilakukan, baik dari sisi latihan, dan pembinaan, hingga pada malam penampilan di hadapan para juri Lomba Barong Ket. Jaya Negara berharap dengan maksimalnya penampilan Sekehe Barong Duta Kota Denpasar ini dapat memberikan hasil terbaik.

“Kita hormati penilaian dewan juri, dan dengan penampilan maksimal ini kita berharap dapat menjadi yang terbaik, serta seluruh duta kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di PKB terus berlatih untuk memberikan hasil terbaik, ” ujarnya.

Sementara Koordinator Sekehe Nayakanari, I Wayan Murda mengatakan, persiapan dan pembinaan telah dilaksanakan sebelum pementasan berhadapan dengan duta kabupaten lain di Bali.

"Beragam persiapan telah dioptimalkan hingga penampilan Duta Barong Ket Kota Denpasar ini. Namun hal yang menarik, tahun ini penabuh pengiringnya adalah wanita, serta telah dapat kita saksikan dengan penampilan yang apik dan maksimal," ujarnya.

Jaya Negara mengatakan, Barong Ket merupakan salah satu kesenian Bali yang erat hubungannya dengan upacara agama Hindu di Bali. Oleh karena itu, barong tidak hanya dianggap sebagai sebuah tarian atau maskot, tetapi juga memiliki makna yang dalam dari konteks spiritual dan keagamaan masyarakat Bali.

"Terima kasih atas dukungan semua pihak termasuk Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar, serta seluruh jajaran Pemkot Denpasar hingga duta Barong Ket Denpasar telah mempersembahkan tarian dengan penuh keanggunan, kekuatan, dan keindahan yang menjadi ciri khas budaya Bali," ujarnya. (pur)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama