Perspectives News

Ny. Antari Jaya Negara Harapkan Sinergi Semua Pihak Sukseskan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

 

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara saat meninjau kegiatan Pelayanan Terintegrasi Cepat Ramah Senyum (Plan Sicerdas) di kantor Kecamatan setempat, Sabtu (18/5/2024). (Foto: Hms Pemkot)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Masih dalam semarak peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei lalu, Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kecamatan Denpasar Barat menggelar kegiatan Pelayanan Terintegrasi Cepat Ramah Senyum (Plan Sicerdas) di kantor Kecamatan setempat, Sabtu (18/5/2024).

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara didampingi Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua GOPTKI Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana,  menyebut upaya menyukseskan program Transisi PAUD-SD yang menyenangkan harus sejalan dengan sinergitas, komitmen dan konsistensi para pendidik, pemerintah dan juga masyarakat secara umum.

"Mudah-mudahan melalui program Plan Sicerdas ini, upaya mensukseskan program transisi ini dapat terealisasi dengan baik," ungkapnya.

Antari Jaya Negara mengapresiasi pelaksanaan Plan Sicerdas PAUD Denbar sebagai sebuah langkah yang mengintegrasikan berbagai program dan kegiatan bernuansa literasi dan juga pendidikan. Menurutnya kegiatan ini merupakan jembatan bagi anak-anak untuk menjadi  generasi emas Indonesia.

"Kegiatan ini adalah langkah kerja nyata yang langsung bersentuhan dengan para anak usia dini. Saya ucapkan terima kasih atas upaya Bunda PAUD Kecamatan Denbar dan Bunda PAUD desa/kelurahan yang telah menggagas program ini. Mudah-mudahan kegiatan serupa dapat diadakan juga di lokasi lainnya, dengan harapan PAUD berkualitas dapat merata di Kota Denpasar,” harapnya.

Sementara itu Bunda PAUD Kecamatan Denpasar Barat, Ny. Ida Ayu Maharatni Purwanasara selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan memaparkan, terdapat beberapa kegiatan yang digelar pada program ini. Yakni, kegiatan konseling untuk orang tua dan pendidik, kegiatan bermain Alat Permainan Edukatif, pemeriksaan kesehatan untuk anak didik, dan sebagainya.

Lebih dari itu, kegiatan kolaboratif ini juga melibatkan berbagai OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar dalam memberikan pelayanan kepada anak didik. Antara lain, seperti pemberian Kartu  Identitas Anak (KIA) oleh Dinas Dukcapil, Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak (DDTK) oleh Puskesmas 1 dan 2 Denbar, Perpustakaan Keliling oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan serta dukungan dari Dinas Pendidikan dan Olahraga.

"Kami juga menggandeng Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Bali dalam memberikan konsultasi kepada orang tua siswa baik PAUD dan SD yang memiliki kendala dalam pengasuhan atau pendampingan belajar pada anak-anak mereka," ucapnya. (win)

Post a Comment

Previous Post Next Post