Perspectives News

Berkat Ketenangan, Rinov/Pitha Mantapkan Langkah ke Final Malaysia Masters 2024

 

Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov/Pitha ke final Malaysia Masters 2024 setelah di semifinal menundukkan Christiansen/Boje dari Denmark 26-24, 14-21, dan 21-18, Sabtu (25/5/2024). (Foto: PP PBSI)

KUALA LUMPUR – Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lolos ke final Malaysia Masters 2024 Super 500 setelah di semifinal menundukkan unggulan dua dari Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje.

Bertanding di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (25/5/2024) Rinov/Pitha yang menempati ranking 15 dunia itu menang  26-24, 14-21, dan 21-18 atas Christiansen/Boje.

Kunci kemenangan pasangan Rinov/Pitha adalah karena kedua tenang dalam menghadapi lawan terutama di gim penentuan atau gim ketiga.

“Di gim ketiga kami dari ketinggalan bisa bangkit. Mungkin hal yang sama dirasakan lawan seperti yang kami rasakan di gim kedua, dan itu hal yang wajar di dunia bulu tangkis karena tidak semua pemain bisa bermain tenang,” kata Rinov dikutip dari keterangan resmi PP PBSI.

Di gim pertama Rinov/Pitha tancap gas dan dengan kombinasi smash keras dan pukulan lob, keduanya mampu meruntuhkan pertahanan Christiansen/Boje.

Kejar-kejaran poin terjadi hingga akhirnya Rinov/Pitha mengamankan keunggulan di jeda interval pertama dengan skor 11-10. Setelah itu, Christiansen/Boje kembali memperlihatkan perlawanan sengit. Namun Rinov/Pitha berhasil menuntaskan perlawanan sengit Christiansen/Boje dengan skor 26-24 di gim pertama.

Di gim kedua, juara Spain Masters 2024 itu tampak tidak kesulitan mencuri poin dari Christiansen/Boje. Namun sayang, lawan berhasil mencetak poin beruntun menjelang jeda interval gim kedua.

Duet Denmark itu sukses mengunci keunggulan pada jeda interval gim kedua dengan skor 8-11. Usai rehat, permainan Christiansen/Boje semakin berkembang dan sulit dihentikan oleh Rinov/Pitha, dan akhirnya Christiansen/Boje menang dengan skor 14-21 di gim kedua.

Di gim penentuan, Rinov/Pitha sempat tertinggal jauh dari Christiansen/Boje yang bermain dengan efektif. Mereka bahkan harus mengakui keunggulan ganda Denmark itu pada jeda interval gim ketiga dengan skor 5-11.

Namun setelah jeda, Rinov/Pitha bangkit dan sukses menyamakan kedudukan menjadi 16-16. Tak butuh waktu lama, permainan agresif yang ditunjukkan Rinov/Pitha mengantarkannya ke final setelah menang dengan skor 21-18. (djo)

Post a Comment

Previous Post Next Post