Perspectives News

Bali Kembali Jadi Tuan Rumah Kongres APAO ke-39


Bali kembali menjadi tuan rumah The 39th Asia Pacific Academy of Ophthalmology (APAO) Congress yang digelar 22-25 Februari 2024, di Nusa Dua, Badung. (Foto: Humas Prov. Bali)

BADUNG, PERSPECTIVESNEWS- Bali kembali menjadi tuan rumah Kongres Dokter Mata se-Asia Pasifik atau The 39th Asia Pacific Academy of Ophthalmology (APAO) Congress yang digelar tanggal 22-25 Februari 2024.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengundang para delegasi Kongres yang merupakan perwakilan dokter dari negara anggota Asia Pasifik untuk menikmati keindahan alam, seni, budaya pulau Bali serta aneka kuliner dan produk UMKM Bali pada pembukaan APAO Congress di BNDCC, Nusa Dua, Kamis (22/2/2024).

Dewa Indra berharap kongres tersebut dapat membuahkan hasil seperti inovasi baru yang dapat diterapkan bidang ilmu Oftalmologi di masa depan.

“Kami yakin getaran semangat Bali akan menginspirasi Anda untuk fokus dan berkontribusi demi kebaikan kemajuan ilmu oftalmologi di masa depan. Saya juga harap para delegasi dapat meluangkan waktu untuk menikmati tempat wisata, makanan lokal, budaya dan pertunjukan sehingga akan memberikan kenangan di Bali,” pungkasnya.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan bahwa suatu kehormatan Indonesia khususnya Bali kembali dipercaya sebagai tuan rumah Kongres APAO.

Diharapkan kongres tersebut memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan Oftalmologi di Indonesia terlebih Indonesia saat ini sangat gencar dalam mengoptimalkan pengobatan mata terutama daerah-daerah terpencil, oleh karenanya Puskesmas yang ada di desa-desa diharapkan memiliki teknologi yang memadai dalam pendeteksian berbagai macam penyakit khususnya mata.

Pimpinan Kongres APAO 2024 Muhamad Sidik menyampaikan, Kongres APAO ke-39, yang diselenggarakan bersamaan dengan PERDAMI ke-49, atau Pertemuan Tahunan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (IOA), di Bali diikuti oleh 80 negara dari Asia Pasifik.

Presiden Akademi Oftalmologi Asia-Pasifik Prof. Ava Hosain menyampaikan, Kongres APAO 2024 di Bali mempertemukan para dokter mata dari seluruh dunia, dan menghadirkan sekitar 800 pembicara yang diakui secara internasional akan mempresentasikan karya terbaru dan inovasi ilmiah mereka di subspesialisasi utama mata.

Diperkirakan jumlah kehadiran sekitar 5.000 delegasi yang sudah terkonfirmasi sampai saat ini. (zil/hum)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama