Perspectives News

Kasus Covid-19 di Sejumlah Negara Asia Tenggara Meningkat, Dinkes Bali Keluarkan SE

 

Kasus Covid-19 di sejumlah negara ASEAN kini meningkat lagi sehingga Dinkes Bali Keluarkan SE No. 13070 yang meminta kepada pemangku kepentingan di Bali waspada. (Foto Ilustrasi: RMOL)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengeluarkan Surat Edaran (SE) No. 13070 Tahun 2023 tentang Kewaspadaan Terhadap Lonjakan Kasus Covid-19 di Provinsi Bali menyusul terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah negara Asia Tenggara.

Surat Edaran tersebut ditujukan kepada seluruh Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota seluruh Bali sebagai tindaklanjut surat dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, tanggal 8 Desember 2023, perihal Kewaspadaan Terhadap Lonjakan Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Selain kepada Kadinkes Kabupaten dan Kota seluruh Bali, SE No.13070 itu juga ditujukan kepada Direktur RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar, dan Direktur RSUD Kabupaten/Kota se-Bali.

“Kami minta Dinas Kesehatan seluruh Bali mengamati perkembangan Covid-19 di wilayah masing-masing, mengingat telah terjadi peningkatan kasus di sejumlah negara Asia Tenggara sebagai upaya kewaspadaan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom dalam surat edarannya, Senin (11/12/2023).

Selain itu, Gede Anom juga minta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota seluruh Bali agar melaporkan setiap ditemukan kasus Covid-19 melalui system pelaporan New All Record (NAR).

Gede Anom mengatakan, Kantor Pelabuhan Kelas I Denpasar agar melakukan pemantauan dan pengamatan di pintu masuk. Bagi pelaku perjalanan ke luar negeri agar segera melengkapi vaksinasi Covid-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan, sehingga tidak tertular dan tidak menjadi sumber penularan selama perjalanan maupun ketika kembali ke Tanah Air.

“Perlu diupayakan agar tingkat imunitas masyarakat tetap tinggi dengan memastikan tersedianya pelayanan vaksinasi Covid-19, untuk itu mohon Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota se-Bali untuk memastikan semua Puskesmas dan Fasyankes lainnya yang berada di wilayah kerjanya tetap memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19,” katanya.

Selain  itu juga diminta agar vaksin dan logistik lainnya cukup tersedia, serta masyarakat terinfo dengan baik di mana mendapatkan layanan vaksinasi Covid-19.(djo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama