Perspectives News

Kembali, Bangkai Hiu Paus Tutul Terdampar di Pantai Yeh Kuning


Bangkai  Hiu Paus Tutul yang ditemukan terdampar dalam kondisi mati, di Pantai Yeh Kuning, Desa Pekutatan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Kamis (2/11/2023) pagi.  (Foto: yus)

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS- Kembali terjadi, seekor Hiu Paus Tutul dengan panjang sekitar 5 meter dan lebar sekitar 1,5 meter, ditemukan terdampar dalam kondisi mati, di Pantai Yeh Kuning, Desa Pekutatan, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Kamis (2/11/2023) pagi.

Menurut Kapolsek Pekutatan, Kompol I Wayan Suastika, warga sekitar yang menemukan Hiu Paus Tutul dalam keadaan mati.

Saat ini, bangkainya masih terdampar di Pantai Banjar Yeh Kuning dan sedang menunggu tim dari Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) serta instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut.

"Kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut terkait bangkai hiu ini," ujar Suastika.

Perlu diketahui, ini bukanlah kejadian pertama. Bangkai Hiu Paus Tutul yang ditemukan terdampar di pantai tersebut merupakan yang ketiga dalam kurun waktu kurang dari dua bulan.

Pada 29 September 2023, seekor hiu paus penuh luka ditemukan mati di sekitar pantai itu, dan kemudian pada 14 Oktober 2023, bangkai hiu paus kembali terdampar di Pantai Yeh Kuning.

Kejadian-kejadian ini telah memunculkan pertanyaan mengenai kondisi lingkungan laut dan keseimbangan ekosistem di wilayah tersebut.  (suf)

Post a Comment

Previous Post Next Post