Perspectives News

Tiba di Bali, Desak Made Rita Targetkan Emas Olimpiade 2024

 

Ketua Umum KONI Bali IGN Oka Darmawan mengalungkan bunga kepada Desak Made Rita Kusuma Dewi setibanya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Badung, Kamis (12/10/2023) (FOTO: djo)

BADUNG, PERSPECTIVESNEWS - Atlet panjat tebing peraih medali emas Asian Games 2022 Hangzhou, China, Desak Made Rita Kusuma Dewi menargetkan meraih emas pada Olimpiade 2024 Paris. Target tersebut tidak berlebihan mengingat saat Kejuaraan Dunia 2023 di Bern, Swiss, Desak Made Rita Kusuma Dewi memenangi medali emas.

“Target saya selanjutnya adalah meraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris, Prancis,” ujar atlet panjat tebing kelahiran Buleleng ini saat ditemui di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Kamis (12/10/2023).

Usai sukses meraih medali emas Asian Games 2022, Desak mendapat izin dari Pelatnas untuk pulang ke Bali. Kamis siang, kedatangan Desak disambut antara lain Ketua Umum KONI Bali IGN Oka Darmawan, Ketua KONI Buleleng, FPTI Bali dan Buleleng, Sekda Kabupaten Buleleng I Gede Suyasa, serta ayah dan kerabatnya.

Desak meraih medali emas Asian Games 2022 dari nomor speed putri setelah membukukan catatan waktu 6.364 dan memecahkan rekor Asian Games atas namanya sendiri yang dibukukan saat Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Selain medali emas, Desak yang turun di nomor speed relay putri bersama Nurul Iqamah dan Rajiah Salsabillah mempersembahkan medali perak untuk tim panjat tebing Indonesia.

Dalam penyambutan tadi siang, setelah mendapat kalungan bunga serta diberikan buket bunga sebagai tanda penghargaan, Desak menerima dana tali kasih secara simbolis yang diberikan Pemkab Buleleng sebesar Rp20 juta.

Desak Rita pun menceritakan suka dukanya selama menjalani latihan persiapan Asian Games 2022 ini hingga akhirnya meraih medali emas.

"Sangat bahagia karena mimpi saya bisa terwujud. Selain medali emas ini, saya juga senang setelah lolos ke Olimpiade 2024 dan menjadi juara dunia," kata Desak Rita.

Ternyata, sebelum tampil di Asian Games 2022, Desak Rita sempat menderita cacar. Namun beruntungnya saat hari H kompetisi, sakitnya sembuh dan fisiknya kembali bugar.

Ketua Umum KONI Bali, IGN. Oka Darmawan mengaku bangga dengan pencapaian Desak Rita untuk Indonesia dan Bali termasuk untuk Buleleng kabupaten asalnya.

“Kami harap ini menjadi motivasi bagi para atlet lainnya yang sudah lolos PON 2024 atau yang akan melakoni Babak Kualifikasi (BK) PON 2023,” tutup Oka Darmawan. (djo)

Post a Comment

Previous Post Next Post