Perspectives News

Sejumlah IKM Unggulan Kota Denpasar Ikuti Pameran Ekspor Nasional TEI Ke-38

 

Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa saat meninjau IKM unggulan Kota Denpasar berpameran di TEI, di BSD Tangerang, Banten, Rabu (18/10/2023) (FOTO: indah)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Sejumlah industri kecil menengah (IKM) di Kota Denpasar mengikuti Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 tahun 2023 di kawasan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, Banten pada Rabu (18/10/2023).

Keikutsertaan mereka ditinjau Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa. Hadir pula secara langsung, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartanto. Pameran mengambil tema “Sustainable Trade for Global Economic Resilience 2023”.

Selain pameran barang ekspor, TEI ini juga sebagai ajang promosi perdagangan, pariwisata dan investasi untuk  mendorong kembali kinerja ekspor Indonesia di tengah tantangan dan persaingan global.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto mengatakan,  melalui kegiatan ini diharapkan para eksportir bertemu dan berinteraksi dengan para pembeli atau buyer. TEI Tahun ini  juga membuka peluang bagi pasar dan UMKM yang ada di Indonesia mempromosikan hasil usahanya di kancah internasional.

“TEI ke-38 tahun 2023 ini menghadirkan setidaknya 7 sektor produk dan jasa premium yang akan dihadiri lebih dari 6.000 buyer dari 150 negara. Kegiatan diikuti oleh 1.200 pelaku usaha dengan 8.300 buyer dan 25.000 pengunjung secara offline, serta sejumlah 33.000 peserta secara online,” jelasnya.

Menurut Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ayu Kristi, kegiatan pameran ini bisa membantu UMKM di Bali, khususnya Kota Denpasar untuk bisa memperkenalkan lagi produknya agar semakin berkembang hingga ke mancanegara.

Ayu Kristi menyebut, peluang Kota Denpasar untuk melaju ke sektor ekspor sangat besar, karena 3 IKM binaan Disperindag Kota Denpasar yakni Bali Alus, Kianna Butik, dan Kanipara Silver mampu menonjolkan ciri khas budaya Bali ke masyarakat luas. 

“Ajang TEI juga kita harapkan akan mampu menciptakan diversifikasi dan perluasan pasar, sehingga bisa ditingkatkan terutama UMKM indonesia agar bisa bertumbuh dalam rantai pasok global. (Ind)


Post a Comment

Previous Post Next Post