Perspectives News

Belasan Bangkai Satwa TNBB Ditemukan Didalam Mobil, Pelaku Kabur ke Hutan

 

Bangkai Satwa TNBB yang dilindungi berhasil disita petugas Sabtu (15/10/2023).  (Foto: Tim TNBB)

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS- Taman Nasional Bali Barat (TNBB) berhasil menyita belasan bangkai hewan satwa dilindungi, yang ditemukan dalam mobil pelaku perburuan liar, Sabtu (15/10/2023). Bangkai satwa tersebut kemudian dikubur oleh petugas TNBB.

Kepala Balai TNBB, Agus Krisna mengungkapkan, peristiwa perburuan liar ini diperkirakan terjadi pada Jumat (13/10/2023) kemarin. Sebanyak 15 bangkai satwa, diantaranya 11 ekor kijang, 1 ekor rusa timor, dan 3 ekor babi hutan yang diangkut menggunakan mobil berhasil diamankan petugas dari kendaraan terduga pelaku yang diserahkan kepada pihak kepolisian.

"Untuk bangkai-bangkai hewan ini sesuai petunjuk kepolisian setelah dilakukan pemeriksaan, dilakukan penguburan," ungkapnya.

Pengungkapan tersebut, kata dia, berawal dari petugas mendapati kendaraan jenis Toyota Kijang masuk ke wilayah TNBB melalui pintu masuk menuju Pura Segara Rupek, Kabupaten Buleleng sekitar pukul 17.00 Wita. Pintu masuk tersebut sering dilalui oleh masyarakat untuk keperluan persembahyangan, sehingga petugas awalnya tidak mencurigai kendaraan tersebut.

Namun, kecurigaan muncul saat kendaraan tersebut keluar dari hutan pada Sabtu (14/10/2023) pagi. Dua orang yang berada di dalam mobil mencoba melarikan diri setelah petugas mencurigai mereka saat hendak melewati palang pemeriksaan di wilayah Tegal Bunter, Kecamatan Gerokgak. Mereka berhasil melarikan diri ke dalam hutan, meninggalkan mobil beserta hasil buruannya.

"Kasus ini menunjukkan bahwa pemburu saat ini memanfaatkan kondisi musim kemarau untuk melakukan perburuan, karena satwa-satwa TNBB keluar dari hutan mencari air dan makanan," ungkapnya.

Sebagai respons terhadap kasus ini, pihak TNBB telah menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk mengungkap pelaku perburuan liar ini. Kasus ini menjadi peringatan serius tentang pentingnya melindungi satwa liar dan menjaga kelestarian hutan serta taman nasional.

"Kami telah meningkatkan pemeriksaan setiap hari, tetapi luas wilayah TNBB membuat kesulitan untuk mengawasi seluruhnya," pungkasnya.  (suf)

Post a Comment

Previous Post Next Post