Perspectives News

Wabup Ipat Pantau Gudang Bulog Penyaringan Tanggapi Kenaikan Harga Beras


 
Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna saat melakukan kunjungan ke Gudang  Bulog Penyaringan, Rabu (13/9/2023). (FOTO: Adi)

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS – Merespons kenaikan harga kebutuhan pokok utamanya beras, Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna melakukan kunjungan ke Gudang  Badan Urusan Logistik (Bulog) Penyaringan.

Wabup Ipat ingin memastikan  beras yang ada di Jembrana cukup untuk didistribusikan.  Dirinya juga ingin memastikan  penangan harga beras dalam situasi stabil, sehingga kebutuhan pokok masyarakat bisa terpenuhi.

“Kedatangan kita hari ini untuk memastikan bahwa untuk beras yang ada di Jembrana ini cukup, distribusi juga lancar,” ujarnya saat berkunjung ke Gudang  Bulog Jembrana, Rabu (13/9/2023).

Wabup mengimbau agar masyarakat Jembrana tidak perlu cemas akan kekurangan beras. Apalagi, berdasarkan data yang disampaikan Bulog Jembrana menyatakan stok beras yang dimiliki masih mencukupi hingga akhir tahun.

Walaupun demikian, Ipat berharap Bulog tetap melakukan langkah-langkah antisipasi mencegah  kenaikan harga beras di sejumlah pasar. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar.

“Saya pikir tidak ada alasan lagi harga ini terus meningkat.  Kami ingin dari Bulog melakukan operasi pasar dalam rangka menurunkan harga beras. Pemerintah Daerah juga akan melakukan operasi pasar dan segera dilakukan,” tegasnya.

Kepala Gudang Bulog Penyaringan I Wayan Adi Astika menjelaskan bahwa stok beras dipastikan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di tengah dampak elnino. Ia pastikan stok Bulog saat ini kurang lebih sekitar 500 ton.

“Stok di Bulog sifatnya nasional, kalau nanti kekurangan kita stok di gudang penyaringan nantinya bisa dibawakan ke gudang yang terdekat. Kemarin pimpinan kami di kanwail denpasar menjelaskan bahwa stok kita sampai akhir tahun ini masih aman,” ungkapnya.

Sementara untuk di Gudang Penyaringan, pihaknya menerangkan sedang menyiapkan beras untuk bantuan pangan 3 bulan ke depan.  Ia berharap harga beras tidak terus mengalami kenaikan. 

“Kita di Bulog mendapatkan tugas dari Kementerian Bappenas untuk melakukan penjualan beras SPHT, stabilitasi pasokan dan harga pangan. Itupun sudah dilakukan dengan penguatan dari Gudang Bulog yang ini sudah ratusan ton untuk wilayah Jembrana. Mudah-mudahan dengan adanya harga ini masyarakat dapat tersentuh dan harga bisa kembali normal,” jelasnya.

Lebih lanjut disebutkan harga beras di Bulog saat ini seperti beras SPHT harganya sekarang 9.950/kg, dan untuk harga pengecer paling tinggi 10.900/kg.

“Mudah-mudahan para pedagang tidak menjual melebihi daripada harga supaya masyarakat tidak kena dampak kenaikan,” tandasnya. (adi)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post