Perspectives News

Sedimentasi dan Penumpukan Sampah, ALSA Unud dan Kelurahan Panjer Gelar Aksi Kebersihan di Tukad Rangda


Kelurahan Panjer bersinergi dengan ALSA Unud melakukan aksi kebersihan di Tukad Rangda, Minggu (17/9/2023).  (Foto: Ayu/Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Kelurahan Panjer bersinergi dengan Asian Law Students Association (ALSA) Universitas Udayana (Unud) melakukan aksi kebersihan di Tukad Rangda, Minggu (17/9/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program ALSA Clean Day 2023 yang mengangkat tema, ‘One Small Step for the Future, Together Conserve Nature’.

Lurah Panjer, I Putu Budi Ari Wibawa, menyampaikan Tukad Rangda merupakan perbatasan antara Kelurahan Panjer dan Kelurahan Sesetan dimana Tukad Rangda adalah pusat aliran sungai di Kelurahan Panjer yang menghadapi masalah serius dalam beberapa tahun terakhir. Sedimentasi dan penumpukan sampah telah menyempitkan aliran sungai ini, menyebabkan masalah banjir yang sering terjadi saat musim hujan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, ALSA Unud bekerjasama dengan Sungai Watch, Dinas PUPR Kota Denpasar, dan DLHK Kota Denpasar bergabung dalam aksi bersih sungai ini.

"Mereka bersemangat untuk membersihkan sampah-sampah yang menghalangi aliran sungai, sebagai langkah awal menuju pelestarian alam yang lebih baik," ungkap Ari Budi.

Lebih Lanjut dikatakan, aksi kebersihan ini adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi masyarakat, organisasi mahasiswa, dan pemerintah setempat dapat bersatu demi menjaga lingkungan hidup yang lebih bersih dan sehat. Semoga aksi seperti ini dapat menginspirasi langkah serupa di tempat lain demi kesejahteraan lingkungan kita.

Ari Budi menambahkan, selaku lurah pihaknya selalu menghimbau masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah dan limbah yang akibat mengakibatkan pencemaran.

"Seluruh pihak harus ikut berpartisipasi untuk senantiasa menghimbau masyarakat," ucapnya. (ayu/humas)

Post a Comment

Previous Post Next Post