Perspectives News

Inilah Prestasi PERURI Saat Rupiah Diakui sebagai Seri Uang Kertas Terbaik


Gedung Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) di Karawang, Jawa Barat.  (Foto: perspectivesnews)

KARAWANG, PERSPECTIVESNEWS- Uang Rupiah yang diterbitkan tahun 2022 berhasil mendapat penghargaan dari International Association of Currency Affairs (IACA). Rupiah mengalahkan mata uang dari 29 negara lainnya.

Rupiah menjadi best new banknote series pada Currency Award ke 17 tahun 2023 di Meksiko. Uang pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000 berhasil menggeser mata uang finalis lainnya dari Bank Sentral Costa Rica, Bank Sentral Meksiko, Bank Sentral Filipina, dan Bank Sentral Bahamas.

Prestasi Rupiah di dunia itu dibeberkan Reinaldy Akbar Ariesha selaku Analis Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia pada kegiatan ‘Capacity Building Media Tahun 2023’ saat kunjungan KPwBI Provinsi Bali dengan sejumlah awak media yang tergabung dalam ‘Sobat Media BI Bali’ ke Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) di Karawang, Jawa Barat, Senin (23/7/2023) hingga Selasa (25/7/2023). 

Capaian pada posisi tertinggi dari uang Rupiah TE 2022 dalam penghargaan tingkat dunia tersebut merupakan salah satu bentuk pengakuan dunia internasional atas kualitas uang Rupiah Indonesia.

Uang Rupiah TE 2022 mengusung tema 'Bersatu Dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI' dengan menampilkan Pahlawan Nasional, ragam budaya dan lanskap Nusantara.

Reinaldy juga menjabarkan materi tentang Cinta, Bangga dan Paham (CBP) Rupiah sekaligus berharap media bergandengan tangan menyosialisasikan dan mengajak masyarakat agar Cinta, Bangga dan Paham mata uang Rupiah karena Rupiah memiliki fungsi menjaga kedaulatan negara," jelasnya.

Edukasi Masyarakat


Deputi Direktur KPwBI Provinsi Bali Andy Setyo Biwado (baju biru-red) saat memberikan penjelasan terkait kunjungan media ke PERURI, Senin (224/7/2023).  (Foto: lan)

Sementara Deputi Direktur KPwBI Provinsi Bali Andy Setyo Biwado sekaligus pimpinan rombongan media mengatakan, hasil kunjungan ini bertujuan agar para jurnalis atau awak media bisa memberikan penjelasan lebih jelas kepada masyarakat sekaligus mengedukasi mereka tentang pentingnya menjaga Rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa.

“Karena selama ini masyarakat belum banyak yang tahu apa yang dilakukan oleh BI. Kami juga sampaikan apresiasi pada PERURI yang sudah menerima rombongan kami," ujar Andy Setyo Biwado menambahkan,

Andy juga mengapresiasi para wartawan/jurnalis ‘Sobat Media BI Bali’ atas kerja sama yang telah terjalin dan pemberitaan positif tentang berbagai kegiatan dan program yang telah dijalankan oleh KPwBI Bali.

"Kami harapkan kerja sama yang baik ini dengan kawan-kawan media dapat terus berlanjut di bawah kepemimpinan Kepala KPwBI Bali yang baru," tambahnya.

Usai mendapat penjelasan, rombongan Sobat Media BI Bali  berkesempatan keliling melihat secara langsung tahapan proses pencetakan uang di Kawasan Produksi Perum Peruri.

Tergantung Pesanan dari BI

Kepala Strategic Business Unit (SBU) Uang Republik Indonesia PERURI, Fadel menuturkan, selain melakukan pencetakan uang Rupiah, PERURI juga mencetak sejumlah dokumen penting negara lainnya mengacu pada Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2019 yakni diantaranya pencetakan paspor, pita cukai, hingga dokumen pertanahan.

Pihaknya berharap dengan kunjungan para awak media atau jurnalis dapat turut menggambarkan proses pencetakan uang Rupiah.

Fadel mengatakan, Perum PERURI mencetak uang disesuaikan dengan jumlah maupun jenis pecahan dan jadwal yang dipesan oleh Bank Indonesia.

"Semoga melalui kunjungan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat," harap Fadel.

Selain ke Perum Peruri di Karawang Jawa Barat, rombongan Sobat Media BI Bali juga melakukan kunjungan ke Museum Bank Indonesia di DKI Jakarta.  (lan)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama