Perspectives News

3500 Peserta dari Dalam dan Luar Negeri Ikuti Bali Internasional Choir Festival 2023

 


Direktur Artistik Bandung Choral Society, Tommyanto Kandisaputra yang juga juri festival (tiga dari kiri) bersama juri dari negara lain usai memberikan penjelasan terkait Bali Internasional Choir Festival 2023. (FOTO: djo)

BADUNG, PERSPECTIVESNEWS - Sebanyak 3.500 penyanyi dari dalam dan luar negeri mengikuti Bali International Choir Festival ke-12 tahun 2023, yang berlangsung 25-29 Juli 2023.

Ribuan penyanyi tersebut tergabung ke dalam 100 paduan suara dari seluruh daerah di Tanah Air, dan belasan paduan suara dari luar negeri. Lomba paduan suara ini diselenggarakan oleh Bandung Choral Society.

Menurut Direktur Artistik Bandung Choral Society, Tommyanto Kandisaputra, digelarnya festival ini untuk memberikan ruang kepada kelompok paduan suara yang ada di Indonesia berkompetisi dengan kelompok paduan suara luar negeri.

“Kelompok paduan suara dalam negeri tidak perlu ikut kompetisi di luar negeri, cukup ikut berkompetisi di Bali Internasional Choir Festival 2023 karena kualitas festival ini sudah diakui dunia internasional,” ucap Tommyanto Kandisaputra kepada pers di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Selasa (25/7/2023).

Tommyanto yang juga menjadi juri pada festival ini, mengatakan sebanyak 17 juri dari Italia, Amerika Serikat, Filipina, Prancis, Malaysia, Kanada, Singapura, Korea Selatan dan Indonesia dilibatkan dalam festival ini.

“Jadi, kualitas penyelenggaraan festival ini tidak perlu diragukan lagi, dan sekedar diketahui bahwa penyanyi fenomenal Indonesia Putri Ariani juga ikut festival ini, dua tahun lalu,” kata Tommyanto.

Bali International Choir Festival 2023 berlangsung di empat venue, yakni Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Gereja GKPB Galang Ning Hyang Abianbase, Ruang Kerta Gosana Kantor Bupati Badung, serta Discovery Kartika Plaza Hotel Kuta.

Event festival paduan suara bertaraf internasional ini melombakan beberapa kategori, yaitu Children's Choir, Teenager's Choir, Mixed Youth Choir, Mixed Choir, Female Choir, Male Choir, Senior Choir, Musica Sacra, Traditional Spiritual, Music of Religions, Pop & Jazz, Folksong, Vocal Group, Solo Children, Solo Youth, Solo Adult, Solo Classical Music, Solo Sacred Music, Solo Seriosa Indonesia, dan Solo Popular Music.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Frederich Henoch Samalang mengatakan visi dan misi event ini antara lain membangun paduan suara di Indonesia dan dunia melalui festival paduan suara yang melibatkan kegiatan kompetisi, edukasi, kolaborasi dan konser serta membangun karakter manusia seutuhnya melalui kegiatan seni.

“Kami juga ingin membangun persahabatan antar peserta paduan suara Indonesia dan komunitas paduan suara dunia sekaligus menciptakan “mutual networking” yang luas dan akrab. Menyediakan festival di Indonesia yang bertaraf internasional dengan kualitas tinggi, dipercaya dengan juri yang dikenal memiliki reputasi dunia,” ujarnya.

Ia berharap event ini menyemarakkan pariwisata di Bali secara khusus dan Indonesia pada umumnya dengan membawa paduan suara internasional ke semua festival yang diadakan Bandung Choral Society di Indonesia.

Bandung Choral Society merupakan organisasi pelaksana yang pelindung dan penasihatnya Komjen Pol. Dr. Petrus R. Golose, Kepala BNN RI yang juga mantan Kapolda Bali.

Peserta selain berasal dari seluruh Indonesia juga berasal dari luar negeri, di antaranya Filipina, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Sri Lanka, Italia, China, Taiwan, Spanyol, dan Jerman. (djo)

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama