Perspectives News

Pjs. Bupati Jembrana Ngaturang Sembah Bakti Pujawali Pura Dang Kahyangan Gede Perancak

 

Pjs. Bupati Sukra Negara saat menghaturkan sembah bakti pada puncak Pujawali Ida Bethara Pura Dang Kahyangan Gede Perancak, Rabu (16/10/2024). (Foto: Humas Jembrana)

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS- Pada puncak Pujawali Ida Bethara Pura Dang Kahyangan Gede Perancak yang bertepatan dengan Buda Umanis Medangsia, Rabu (16/10/2024), Pjs. Bupati Jembrana, I Ketut Sukra Negara hadir untuk menghaturkan sembah bakti.

Dalam melaksanakan kegiatan spiritual, baik secara sekala dan niskala harus tetap seimbang. Untuk itu, Sukra Negara meyakini bahwa kekuatan dunia niskala spiritual itu tetap dibutuhkan untuk kita semua.

Dirinya menjelaskan, pelaksanaan Pujawali merupakan wujud bakti dan penghormatan terhadap Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Dang Kahyangan Gede Perancak, sekaligus memohon keselamatan, serta kesejahteraan alam semesta.

“Kita bersama-sama memohon ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa khususnya Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Dang Kahyangan Gede Perancak agar menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi umat semuanya, baik itu di Jembrana maupun Bali pada umumnya,”ujarnya.

Pjs Bupati Sukra Negara juga mengucapkan rasa bahagia dan syukur karena dapat hadir sebagai upasaksi serangkaian acara Pujawali tersebut. 

“Saya mengajak krama pengempon pura tidak henti-henti untuk selalu memohon dan ngastiti bakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar pelaksanaan piodalan berjalan dengan lancar dan kita semua selalu dilimpahkan kesehatan dan kesejahteraan,” ucapnya. 

Sementara itu, Gusti Agung Made Arta selaku ketua pengempon Pura Dang Kahyangan Gede Perancak mengatakan, puncak karya Piodalan tepatnya jatuh pada buda umanis medangsia.

Dikatakan, Pura Dang Kahyangan Gede Perancak ini diempon oleh lima desa adat di wilayah Kecamatan Jembrana yakni Desa Pakraman Perancak, Yehkuning, Budeng, Dangin Tukaddaya dan Desa Sangkaragung.

“Pangempon dari desa-desa tersebut secara bergantian menjadi panitia karya piodalan yang diadakan setiap 210 hari sekali,” jelasnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pjs. Bupati Jembrana serta pemedek (masyarakat) yang sudah bisa melaksanakan persembahyangan dan mepunia di pura tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Pjs. Bupati Jembrana beserta pemedek lainnya yang sudah hadir ngaturang sembah bakti dan punia di Pura Dang Kahyangan Gede Perancak,” tutupnya. (adi/hum)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama