Perspectives News

Perkuat Peran Jafung Perencana, Bappeda Provinsi Jabar Kunjungi Bali

Bappeda Provinsi Jabar saat mengunjungi Bappeda Bali terkait studi komparasi, Selasa (1/10/2024).  (Foto: Humas Prov. Bali)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Badan Pendapatan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan kunjungan ke Bali, pada Selasa (1/10/2024). Kunjungan terkait studi komparasi mengenai  upaya memperkuat peran Jabatan Fungsional (Jafung).

Sekretaris Bappeda Provinsi Jawa Barat, Lufiandi menyampaikan, studi komparasi dalam rangka peningkatan kapasitas SDM, kelembagaan, dan penyesuaian tugas, pokok, dan fungsi Bappeda.

Menurutnya, di era saat ini peran Jabatan Fungsional (Jafung) harus diperkuat, terutama pasca penyetaraan eselon IV ke Jabatan Fungsional.

Untuk itu pihaknya perlu memperoleh informasi terkait pengelolaan SDM, khususnya Jafung Perencana di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali. 

Kunjungan kerja Bappeda Provinsi Jawa Barat diterima Sekretaris Bappeda Provinsi Bali Dewa Gede Dharma Putra didampingi Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Kepala Sub Bagian Keuangan dan Pejabat Fungsional Perencana, Pustakawan, Arsiparis, Pranata Humas serta Pranata Komputer dan Analis Kepegawaian bertempat di Ruang Rapat Melati, Selasa (1/10/2024).

Dalam diskusi dibahas sejauhmana Bappeda sebagai instansi pembina Jafung Perencana melaksanakan pembinaan Jafung di kabupaten/kota.

Terkait komposisi Jafung Perencana, Sekretaris Bappeda Provinsi Bali, Dewa Gede Dharma Putra menjelaskan, saat ini penyusunan formasi Jafung Perencana di Provinsi Bali masih terus berproses.

Dalam penyusunan ini, Bappeda Provinsi Bali dikawal Pusbindiklatren Bappenas.

Permasalahan yang terjadi pasca penyelarasan adanya ‘culture shock’ bagi Jafung Perencana yang belum terbiasa dengan pola kerja fungsional, sehingga ini perlu diupayakan optimalisasi kinerja Jafung. Formasi perbandingan jumlah jenjang fungsional yang tidak seimbang juga menjadi permasalahan tersendiri yang mana jenjang Ahli Muda lebih banyak.  (hum)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post