Perspectives News

Pengprov Federasi Hockey Indonesia Bali Periode 2024-2026 Dikukuhkan


Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Hockey Indonesia (FHI) Bali periode 2024-2026 dikukuhkan, Sabtu (5/10/2024).  (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Ketua Umum PP FHI Mayjen (Purn) Budi Sulistijono didampingi Sekjen PP FHI, Yasser Asuady Arafat melantik dan mengukuhkan Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Hockey Indonesia (FHI) Bali periode 2024-2026.

Pengukuhan dilaksanakan di The Nexx Showroom and Café, Denpasar, Jumat (4/10/2024).

Pengprov. FHI Bali dinahkodai Ketum Umum Dr. dr. Anak Agung Ngurah Jayakusuma, Sp.OG., Subsp., Kfm., MARS., Sekum FHI Nana Satriana, bendahara dan dibantu bidang-bidang guna menjalankan roda organisasi. Pengukuhan dihadiri lima Pengcab FHI dan pengurus KONI Kabupaten/Kota.

Budi Sulistijono disela-sela pengukuhan Pengprov FHI Bali mengatakan, kepemimpinan Hockey Bali semakin baik, karena ada potensi bagus terutama atlet Hockey di Bali dikembangkan.

”Kami melihat potensi atlet hockey di Bali cukup bagus. Dari beberapa event, seperti PON, Kejurnas dan beberapa kejuaraan, Bali belum mampu menunjukan prestasi,’’ katanya.

Budi Sulistijono mengaku dengan kepemimpinan Dr. dr. Ngurah Jayakusuma ke depan, Hockey Bali bisa lebih maju dan berprestasi di tingkat nasional.

Melihat prestasi cabang olahraga, tiga pilar perlu fokus diperbaiki. Pertama, sumber daya manusia (SDM), kedua, sarana dan prasarana dan ketiga, kompetisi yang rutin digelar.

”Untuk SDM kita harus menyiapkan pelatih yang betul-betul punya kualitas dan atlet. Kalau atlet harus ada kompetisi di daerah supaya bisa mengajak anak-anak muda gemar olahraga Hockey. Setelah mengikuti kompetisi ada ketertarikan,’’ ujarnya.  

Budi Sulistijono mengungkapkan adanya tiga pilar tersebut diharapkan bisa membina atlet. Yang terpenting memberi kesempatan atlet-atlet bisa try out atau latih tanding keluar daerah, seperti Pulau Jawa dan Sumatera. Sehingga tlet bisa melihat perkembangan Hockey di tanah air.

”Dengan demikian, tiga pilar tersebut menjadi pekerjaan rumah (PR) Ketum FHI Bali Dr. dr. Ngurah Jayakusuma untuk bisa meningkatkan prestasi atlet Hockey Bali,’’ ucapnya.

Ketum Umum Pengprov. FHI Bali Dr. dr. AAN Jayakusuma mengatakan, kepercayaan yang diberikan untuk memimpin FHI Bali akan berusaha mencetak atlet berprestasi baik lokal maupun nasional. ”Kita akan menyosialisasikan olahraga Hockey menyasar sekolah-sekolah yang ada di Bali,’’ katanya.

Ngurah Jayakusuma akan memperkenalkan olahraga Hockey ke sekolah-sekolah lewat ekstra kurikuler, sehingga Hockey bisa menjadi program unggulan. Karena dari sekolah-sekolah bisa melahirkan atlet junior maupun senior.

”Kita memperkenal olahraga Hockey di Bali lewat kejuaraan antar klub diikuti antar pelajar. Kalau berprestasi di daerah, atlet kita akan kirim ke Kejurnas,’’ jelasnya.

Disinggung program jangka pendek Pengprov FHI Bali, Dr. dr. Ngurah Jaya Kusuma menjelaskan, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi baik ke sekolah-sekolah maupun masyarakat umum agar olahraga Hockey lebih dikenal. Setelah itu akan menggelar Kejurprov dan paling dekat eksibisi dan PORprov 2025 mendatang sehingga bisa mengkuti Porprov.

”Kami bersama pengurus FHI Bali lainnya akan berkerja ekstra keras guna dapat melahirkan atlet berprestasi sehingga bias mengikuti kejurnas maupn event lainnya,’’ ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan mengatakan, olahraga Hockey akan digemari generasi muda dan hrus masuk k sekolah-sekolah yang ada di Kota Denpasar maupun kabupaten lainnya.

”Tidak ada cabang olahraga berprestasi tanpa melalui sekolah. Karena itu, Hockey kalau ingin cepat maju harus masuk melalui sekolah,’’ katanya.  (pas/hum)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama