Perspectives News

Pemkot Denpasar Gelar Sosialisasi Implementasi E-Purchasing

Sekda Alit Wiradana saat membuka sosialisasi ‘Implementasi Metode E-Purchasing Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah’, di Sanur, Rabu (16/10/2024). (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Pemerintah Kota Denpasar melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menggelar sosialisasi bertajuk ‘Implementasi Metode E-Purchasing Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah’, di Sanur, Rabu (16/10/2024). 

Hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mewakili Pjs. Wali Kota Denpasar, I Dewa Gede Mahendra Putra.

Dalam sambutannya, Sekda Alit Wiradana mengatakan dalam upaya menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan yang optimal diperlukan faktor faktor pendukung. Salah satu diantaranya adalah proses pengadaan barang dan jasa yang transparan dan real time, melalui metode E-Purchasing.

"Sebagai metode yang relatif baru dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah, tentunya diperlukan adanya peningkatan kapasitas bagi pelaku pengadaan barang dan atau pemerintah agar lebih memadai. Hal ini diperlukan agar proses pengadaan barang jasa di Kota Denpasar dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkapnya.

Sekda Alit Wiradana mengemukakan, kompetensi pelaku pengadaan barang dan jasa pemerintah, terutama pembuat komitmen, pejabat pengadaan dan juga tim teknis serta tim pendukung, semakin meningkat agar proses pengadaan yang transparan, akuntabel, efektif dan efisien serta terhindar dari permasalahan hukum dapat direalisasikan.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Denpasar, Ni Ketut Dewi Ratih Purnamasari, menyampaikan sosialisasi ini sengaja digelar untuk meningkatkan kualitas, kemampuan, dan kompetensi para pelaku pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Para peserta yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 198 orang yang merupakan pejabat pembuat komitmen, pejabat pengadaan, tim teknis serta tim pendukung dari lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

"Sasaran kami agar para pejabat pembuat komitmen, pejabat pengadaan, tim teknis serta tim pendukung dari lingkungan Pemerintah Kota Denpasar memiliki pemahaman yang baik seputar kebijakan, ketentuan dan juga langkah yang terdapat dalam metode E-Purchasing," katanya.

Dewi Ratih juga menambahkan, sosialisasi ini turut mengundang narasumber Direktur Pengembangan Pasar Digital Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Yulianto Prihandoyo, serta Rani Esi Hapsari, yang memberikan materi seputar pengadaan barang dan jasa pemerintah yang transparan dan tersistematis.  (win/hum)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama