Perspectives News

FIFA Sahkan Kepindahan Hilgers dan Reijnders ke PSSI, Erick Thohir Targetkan Poin

 

Pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia bagi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dilakukan di Brussel.  (Foto: PSSI)

JAKARTA, PERSPECTIVESNEWS - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menargetkan kedatangan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders harus berujung pada peraihan poin saat timnas Indonesia melakoni laga tandang di Bahrain dan China medio Oktober mendatang.

Kepastian dua amunisi baru itu memperkuat timnas terjadi setelah FIFA menyatakan bahwa kedua pemain tersebut “eligible” untuk bermain mewakili PSSI.

"Meski demikian, jangan anggap ketika lawan Australia atau Jepang dan tim lain, timnas kita langsung diposisikan sebagai lawan yang seimbang. Peringkat FIFA menyatakan perbedaan itu," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis diterima perspectivesnews.com, Kamis (3/10/2024).

Karena Indonesia berada pada posisi underdog, lanjut Erick Thohir, maka target PSSI dengan hadirnya Mees dan Eliano, harus meraih poin saat pertandingan tandang di Bahrain dan China nanti.

Menurut Erick, target mengumpulkan 15 poin dalam 10 laga di Grup C pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia merupakan tugas yang tidak mudah karena posisi Indonesia terhitung underdog.

Saat ini, Jay Idzes dkk menempati posisi ke empat klasemen sementara Grup C dengan meraih dua poin dari hasil imbang melawan Arab Saudi, 1-1 dan Australia, 0-0.

Bahrain berada di posisi ketiga dengan tiga poin, dan China berada di dasar klasemen dengan poin nol setelah dua kali kalah dari Jepang dan Arab Saudi.

"Ketika timnas mampu bersaing dengan negara-negara kuat di Asia, masyarakat kita bangga dengan sepak bola yang mampu menaikkan martabat Indonesia. Dukungan ini yang saya harapkan hadir langsung di Bahrain dan China nanti," ujar Erick.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah diambil sumpahnya sebagai Warga Negara Indonesia pada hari Senin (30/9) lalu di Brussel, Belgia.

Percepatan pengurusan WNI terhadap Mees dan Eliano di luar negeri bukan hal yang spesial, namun lebih pada fleksibilitas mengingat waktu dan kebutuhan Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

PSSI sendiri berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari Presiden Jokowi, Komisi III dan VI DPR, Dirjen AHU dan Dirjen Imigrasi, serta Dukcapil DKI Jakarta yang memungkinkan percepatan sumpah WNI dua pemain naturalisasi, Mees dan Eliano.

Alasan dilakukan di Brussel, lantaran kedua pemain tersebut tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah harus di Indonesia.

Eliano Reijnders saat ini bermain sebagai pemain tengah di klub Liga Belanda Eredivisie, PEC Zwolle. Ia merupakan adik kandung gelandang AC Milan dan Timnas Belanda, Tijjani Reinjders.

Pemain berusia 23 tahun itu berdarah Indonesia karena sang ibu, Angelina Syane Lekatompessy bersuku Ambon dan lahir di Jakarta.

Sementara Mees Hilgers, juga berusia 23 tahun memiliki darah Indonesia melalui sang Ibu, Linda Tombeng yang berasal dari Sulawesi Utara. Mees kini menjadi pemain belakang utama FC Twente yang belum lama ini sukses menahan, 1-1, klub raksasa liga Inggris, Manchester United di ajang Europa League. (djo)

Post a Comment

Previous Post Next Post