Perspectives News

Pascagempa Gianyar, PLN Pastikan Kondisi Kelistrikan Tetap Andal dan Aman

  

Petugas PLN tampak melakukan monitoring terhadap jaringan kelistrikan pascagempa yang terjadi di Gianyar, Sabtu (7/9/2024) (Foto: Humas PLN)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Pascagempa yang tercatat oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terjadi di seputaran Kabupaten Gianyar pada Sabtu (7/9/2024), PT PLN (Persero) melaporkan kondisi jaringan kelistrikan dipastikan aman.

Gempa berkekuatan 4,9 SR hingga saat ini tidak menimbulkan dampak pada fungsi peralatan di sistem Bali.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, I Gede Agung Sindu Putra mengatakan, pemantauan terus dilakukan oleh petugas di seluruh lokasi kerja.

“Petugas disiagakan secara intensif untuk melakukan inspeksi pada gardu induk dan jaringan di lokasinya masing-masing, baik di Bali bagian selatan, timur maupun utara. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dengan seksama anomali yang mungkin terjadi pasca getaran gempa yang terjadi, termasuk mewaspadai adanya gempa susulan,” kata Sindu.

Sindu menyampaikan, pemeriksaan yang dilakukan petugas sangat detail demi memastikan adanya perbedaan kondisi dari sebelumnya, mendeteksi seluruh peralatan berfungsi baik, mengecek fisik gardu induk, gardu hubung yang bersifat strategis terhadap keutuhan dan kelengkapan peralatan.

“Hal ini dilakukan setelah memastikan tidak ada gangguan pada jaringan listrik yang menyebab padam akibat gempa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sindu mengatakan, hingga saat ini seluruh lokasi wilayah kerja mulai dari pembangkit, jaringan transmisi dan GI dalam kondisi aman.

“Kami memonitor kondisi di lapangan dan dari laporan yang masuk sejak adanya gempa pada pukul 09.51 Wita hingga saat ini sistem secara keseluruhan dalam kondisi aman dan seluruhnya berfungsi normal,” ucap Sindu.

Terakhir, dirinya juga menjelaskan bahwa langkah preventif terus dilakukan untuk memastikan infrastruktur kelistrikan tetap aman dari potensi yang dapat menjadi penyebab terganggunya penyaluran listrik kepada pelanggan. (lan)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post