Perspectives News

Jelang Penutupan PON XXI/2024, Bali Dulang 8 Emas

 

Karateka putri Bali Cokorda Istri Sanistyarani naik podium pertama cabor karate PON XXI/2024 sekaligus sebagai medali emas tiga kali PON berturut-turut. (Foto: Tim Karate Bali)

MEDAN, PERSPECTIVESNEWS - Sehari menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, Kamis (19/9/2024), atlet-atlet Bali terus berburu medali. Alhasil, sebanyak 8 medali emas, 3 perak, dan 3 medali perunggu didulang.

Dengan demikian total sejauh ini Bali telah mengoleksi 36 medali emas, 30 perak, dan 53 perunggu berada di peringkat 7 dari 38 provinsi. Bali sendiri menargetkan pulang membawa 45 medali emas.

Delapan medali emas Bali diraih 3 keping dari cabor tarung derajat, 3 dari gateball, dan 2 keping dari kempo. Sedangkan tambahan 3 perak berasal dari tarung derajat (2) dan karate 1 perak. Sementara 3 perunggu semuanya dari cabor tarung derajat.

Cabor tarung derajat yang dipertandingkan di Bale Meuseuraya Aceh Kota Banda Aceh pada Kamis (19/9/2024), emas pertama Bali didapat dari nomor tarung bebas putra  kelas 52,1-55kg dimana I Made Revalingga mengalahkan Jefri Andrianus dari Kalimantan Timur.

Kemudian I Gusti Ngurah Bagus juga merih emas setelah menaklukkan Munawir dari Nusa Tenggara Barat dalam  kelas 61,1-64kg putra. Dan, emas ketiga diraih Andre Surya di kelas berat 75,1-80kg setelah mengalahkan atlet Jawa Barat Yunus Isai.

Sedangkan medali perak tarung derajat disumbangkan Ni Putu Mitayobi (45,1-50kg) dan Gd Dicky Handika Putra (58,1-61kg). Sementara perunggu masing-masing diraih I Komang Herda Yandika (64,1-67kg), Ni Made Yogi Astrini (54,1-58kg) dan Kadek Krisna Dewi (62,1-66kg).

Untuk 3 emas gateball diraih dari nomor ganda campuran pasangan I Made Erlangga Wiguna/Ni Wayan Riantini, nomor tunggal putri  oleh Ni Nyoman Tri Utami, serta nomor tripel putra (I Madek Artana, I Putu Mandi Perdana, Pande Nyoman Sulaksana Putra, dan I Made Sudarma Palguna). Gateball juga merih 1 perak dari nomor tunggal putra atas nama Clinton Suharto.

Cabor kempo tidak mau ketinggalan dalam berkontribusi medali emas bagi kontingen Bali. Pasangan Naris Faris meraih medali emas dari nomor embu pasangan yudansa I DAN putra, serta satu lagi diraih Bella Jeneti dari nomor randori perorangan putri kelas 45-50kg. (djo)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post