Perspectives News

412 Jumantik di Denpasar Terima Seragam Dinas dari Wali Kota

 

Wali Kota Jaya Negara saat secara simbolis menyerahkan seragam dinas kepada 412 jumantik se-Kota Denpasar, Senin (23/9/2024) (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyerahkan bantuan pakaian seragam kepada  412 orang Juru Pemantau Jentik (Jumantik) secara simbolis, Senin (23/9/2024) di Ruang Taksu Gedung Dharma Nagara Alaya Denpasar.

Penyerahan bantuan pakaian seragam ini sebagai bentuk motivasi dan apresiasi para petugas jumantik di Kota Denpasar. Bantuan seragam yang dianggarkan melalui Dinas Kesehatan Denpasar ini berupa baju, trening dan sepatu berjumlah 412 stel kepada jumantik yang tersebar di banjar-banjar yang ada di Kota Denpasar.

“Penyerahan seragam ini kami harapkan mampu memberikan motivasi dan bentuk apresiasi para jumantik yang begitu semangat memberikan edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkunganya dari perkembangbiakan jentik nyamuk, sehingga kasus DBD di Denpasar ini cukup rendah,” ujar Jaya Negara di sela-sela penyerahan.

Wali Kota Jaya Negara berharap para jumantik  juga dapat sekaligus memberikan edukasi pentingnya bersama-sama menjaga kebersihan, serta memilah sampah dari sumbernya, sebagai salah satu langkah  dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Denpasar.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. Anak Agung Ayu Agung Candrawati mengatakan, salah satu upaya yang diintensifkan adalah Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), yang melibatkan peran serta masyarakat atau jumantik.

Sebenarnya tugas jumantik tidak hanya sekedar melaporkan hasil pemantauan jentik dengan mengisi form pemantauan jentik berkala. Akan tetapi Keberadaannya lebih menekankan pada pengawasan faktor lingkungan untuk meniadakan sarang nyamuk dan menggerakkan partisipasi masyarakat dalam PSN DBD.

"Untuk itu pada kesempatan ini Dinas Kesehatan Kota Denpasar menyerahkan seragam buat para jumantik yang ada di denpasar guna memotivasi dan memudahkan tugas-tugas mereka di lapangan dalam penanggulangan kasus DBD di denpasar," ujar Kadis Kesehatan Denpasar, dr. Anak Agung Ayu Agung Candrawati

Salah seorang jumantik, I Wayan Ardi Suryawan perwakilan Denpasar Utara, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan Denpasar atas pemberian seragam pada para jumantik.

“Saya mewakil para jumantik mengucapakan terima kasih kepada Bapak Wali Kota Denpasar atas pemberian seragam ini, dan seragam ini  dapat memudahkan masyarakat mengenal para jumantik dan membantu tugas kami di lapangan,” ungkapnya. (ays)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post