Perspectives News

Sekda Alit Wiradana Buka Workshop Bank Sampah dan Pengelolaan TPS 3R

Sekda Alit Wiradana saat membuka workshop bank sampah dan pengelolaan TPS3R yang digelar Dinas LHK Kota Denpasar, di Taksu Dharma Negara Alaya, Rabu (28/8/2024). (Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Pemkot Denpasar menunjukKan keseriusannya dalam pengelolaan sampah berbasis sumber. Hal ini dilakukan dengan pembangunan dan penguatan dalam pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R), dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

Hal tersebut disampaikan Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana saat membuka workshop bank sampah dan pengelolaan TPS3R yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, di ruang Taksu Dharma Negara Alaya, Rabu (28/8/2024).

Sekda Alit Wiradana mengatakan, Pemkot Denpasar terus berkomitmen dalam penanganan sampah terpadu. Hal ini dilaksanakan dengan mengoptimalkan sistem pengolahan sampah berbasis sumber.

"Pemkot Denpasar sangat serius dalam pengelolaan sampah terpadu berbasis sumber yang fokus pada pengelolaan di TPS 3R dan TPST serta pembentukan bank sampah di masing-masing banjar, sehingga kami mengajak seluruh masyarakat dapat turut serta mendukung membiasakan diri dengan memilah sampah dari rumah," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, pola pikir masyarakat telah meningkat terhadap pengelolaan sampah terbukti dengan terus meningkatnya bank sampah. Untuk memudahkan dalam melakukan pengawasan terhadap bank sampah maka pengelola bisa bergabung dalam aplikasi SIDARLING.

"Untuk memudahkan pengumpulan sampah ke bank sampah, pemkot telah menyediakan layanan bank sampah keliling," ujarnya.

Sementara Kadis DLHK Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa menyampaikan pelaksanaan pelatihan ini melibatkan narasumber dari bidang fasilitasi, pengendalian pembangunan ekoregion Bali Nusra, Cokorda Istri Muter Handayani, Ketua Umum Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia dan Pengurus Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi) Denpasar.

Kegiatan pelatihan melibatkan perangkat daerah di lingkungan pemerintah kota, kecamatan, pihak pelaku usaha, pengelola bank sampah dan TPS 3R se-Kota Denpasar.

"Pemkot Denpasar melalui DLHK Denpasar gencar melaksanakan upaya pengurangan sampah yang gencar dalam pengelolaan dan TPS3R dan Bank Sampah," ujarnya. (tob/hum)

Post a Comment

Previous Post Next Post