Perspectives News

Pameran Kriyanusa 2024 Diharapkan Jadi Ajang Promosi Produk Kerajinan Kota Denpasar

Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa menghadiri pembukaan Pameran Kriyanusa 2024, dibuka Ketua Dekranas, Ny. Wury Ma'aruf Amin, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (28/8/2024). (Foto: Humas Denpasar)

JAKARTA, PERSPECTIVESNEWS- Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa menghadiri pembukaan Pameran Kriyanusa 2024, bertajuk "Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya", dibuka Ketua Dekranas, Ny. Wury Ma'aruf Amin, di kawasan Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (28/8/2024).

Pembukaan Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2024 diisi dengan penyiraman pohon oleh Wury Ma’ruf Amin yang didampingi oleh Tri Tito Karnavian, Yantie Isfandiary Airlangga, Siti Farida Pratikno, Elizabeth Thohir, dan Zubir Akmal. 

Dalam kesempatan itu, Wury Ma'aruf Amin mengatakan, pihaknya menyambut gembira atas terselenggaranya Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2024 yang akan berlangsung lima hari ke depan, yakni tanggal 28 Agustus sampai dengan 1 September 2024.

"Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajian dari berbagai daerah Indonesia yang diwariskan dari generasi ke generasi tidak hanya mencerminkan keindahan dan ketrampilan tapi juga nilainilai dan identitas bangsa,” sebut Wury Ma'aruf Amin.

Sementara itu, Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa yang didampingi Kepala Dinas Perindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari mengatakan, penyelenggaraan pameran Kriyanusa 2024 ini merupakan salah satu acara bergengsi bertaraf nasional yang dapat dijadikan ajang promosi produk unggulan IKM/UKM lokal.

"Melalui pelaksanaan kegiatan ini, kita harapkan mampu mendorong pertumbuhan dan perkembangan pelaku usaha IKM/UKM Kota Denpasar untuk mempromosikan produk unggulan kepada masyarakat Indonesia secara luas," katanya.

Berkaitan dengan tema yang diusung tahun ini, yakni "Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya", Ny. Ayu Kristi juga menyampaikan, pihaknya terus mendukung kalangan generasi muda dan kaum milenial di Kota Denpasar untuk terus dapat mengembangkan potensi kerajinan dan produk unggulan agar semakin dapat dikenal dan memiliki pangsa pasar yang lebih luas lagi.

"Pihak Pemerintah Kota Denpasar melalui Disperindag dan juga Dekranasda, akan selalu mendukung upaya para IKM/UKM Kota Denpasar, terutama kalangan muda, untuk dapat semakin berkreasi dan berinovasi menghasilkan produk hebat dan keren," ungkap Ayu Kristi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disperindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari, di lokasi yang sama menjelaskan, beberapa IKM/UKM Kota Denpasar dilibatkan dalam pameran Kriyanusa 2024 ini, antara lain, Taksu Bali, Baliwa Songket Bali, WH Bali, yang memiliki produk fashion seperti endek, songket, tas lukis dan lain sebagainya. Kesemuanya merupakan binaan Disperindag serta Dekranasda Kota Denpasar. 

"Pelaku IKM/UKM ini adalah perajin produk unggulan Kota Denpasar," tambahnya.

Sri Utari lebih lanjut juga menyampaikan, keterlibatan para perajin Kota Denpasar dalam ajang ini, juga bertujuan untuk menjaga keberlangsungan produksi kriya khas Kota Denpasar, sehingga dapat mempertahankan kelestarian warisan kerajinan dan juga meningkatkan peluang usaha bagi para perajin. (win/hum)

Post a Comment

Previous Post Next Post