Perspectives News

Tingkatkan Budaya Literasi, Kelurahan Peguyangan Gencarkan Pustakeling Ayang Ebeb

Pelaksanaan Perpustakaan Keliling Kelurahan Peguyangan Edukasi Berbagi Era Baru (Pustakeling Ayang Ebeb) yang kali ini menyasar ratusan siswa SMP Swa Dharma Peguyangan, Jumat (30/8/2024). (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Kelurahan Peguyangan bersama Bunda Literasi Kelurahan Peguyangan terus berupaya meningkatkan budaya literasi di masyarakat.

Hal ini dilaksanakan dengan menggelar Perpustakaan Keliling Kelurahan Peguyangan Edukasi Berbagi Era Baru (Pustakeling Ayang Ebeb) yang kali ini menyasar ratusan siswa SMP Swa Dharma Peguyangan pada Jumat (30/8/2024).

Lurah Peguyangan, I Gede Sudi Arcana dalam kesempatan tersebut menjelaskan, Pustakeling Ayang Ebeb merupakan inovasi Kelurahan Peguyangan bersama Bunda Literasi guna meningkatkan budaya literasi di wilayah Kelurahan Peguyangan.

“Kegiatan ini dikemas dengan melaksanakan road show ke sekolah-sekolah baik PAUD, SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi yang berada di wilayah Kelurahan Peguyangan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan yang dilaksanakan setiap sebulan sekali pada minggu ke empat ini merupakan buah kerjasama antara Kelurahan Peguyangan, Bunda Literasi, Penyuluh Bahasa Bali, Penyuluh KB dan Bank Mandiri. Kegiatan ini diharapkan mampu menggeliatkan budaya literasi di wilayah Kelurahan Peguyangan.

"Kegiatan ini kami kemas asik dengan membawa berbagai jenis buku bacaan, bahkan sesekali kita memberikan hadiah bagi anak-anak yang berani tampil dalam memberikan literasi, semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan budaya literasi di wilayah Kelurahan Peguyangan," sebutnya.

Sementara, Bunda Literasi Kelurahan Peguyangan, Ny. Dian Ekawati Arcana menekankan agar siswa SMP Swa Dharma khususnya kelas 9 untuk fokus belajar dalam persiapan menghadapi ujian. Meski demikian, dukungan terhadap pengembangan bakat juga harus terus dilaksanakan.

"Saya yakin, siswa SMP Swa Dharma adalah anak yang sangat berbakat baik di bidang olah raga, kesenian tari dan tabuh ataupun bermusik serta aktif dalam berbagai lomba seperti lomba ilmiah dan lomba lainnya banyak memdapatkan prestasi," ujarnya. (ags/hum)

Post a Comment

Previous Post Next Post