Perspectives News

Gelaran ICD, Pemkot Denpasar Pamerkan Kreativitas, Kuatkan Kota Inklusi

Ketua K3S Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Wakil Ketua K3S Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa saat menghadiri dan memberikan dukungan kegiatan "Indonesia Cinta Disabilitas-ICD", Jumat (30/8) di Graha Nawasena, Denpasar.  (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Acara "Indonesia Cinta Disabilitas" yang diadakan oleh Pemkot Denpasar melalui Dinas Sosial kembali hadir untuk tahun ke-3.

Pada acara puncak yang berlangsung di Graha Nawasena, Jumat (30/8/2024), berbagai kreativitas dari komunitas disabilitas, termasuk tuli, tuna daksa, dan tuna netra dipamerkan, mulai dari kuliner, fashion, kerajinan tangan, hingga seni lukis.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, bersama Wakil Wali Kota, I Kadek Agus Arya Wibawa, turut mendukung acara ini dengan mencicipi dan mengoleksi karya disabilitas sementara Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana juga berkesempatan mengunjungi stand kuliner di Graha Nawasena.

Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, bersama Wakil Ketua, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, juga ikut meramaikan acara dengan hadir dalam fashion show produk disabilitas.

Acara ini adalah bagian dari upaya Kota Denpasar untuk mendukung komunitas disabilitas dan memperkuat Denpasar sebagai Kota Inklusi.

"Terima kasih kepada para donatur, baik dari swasta, BUMN, hingga perbankan yang telah memberikan dukungan pada kegiatan Indonesia Cinta Disabilitas," ujar Ketua K3S, Ny. Sagung Antari Jaya Negara yang ditemui disela-sela kegiatan "Indonesia Cinta Disabilitas".

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan ini inisiasi dari Dinas Sosial Kota Denpasar yang memberikan ruang dan dukungan dalam memperomosikan produk hasil karya dari disabilitas. Kita ketahui bersama, para disabilitas membutuhkan ruang kreativitas dalam menunjukan talenta yang dimiliki.

"Keberadaan Graha Nawasena sebagai rumah harapan untuk usaha bersama dapat menciptakan ekosistem yang sehat dalam mempercepat kemandirian finansial teman-teman disabilitas," ujarnya.

Sementara Kadis Sosial Denpasar, I Gusti Ayu Laksmi Saraswati menyampaikan, pelaksanaan Indonesia Cinta Disabilitas Tahun 2024 di Denpasar sebagai upaya Pemerintah Kota Denpasar dalam mendukung komunitas disabilitas melalui berbagai kegiatan kreatif dan inovatif.

Laksmi juga menjelaskan bahwa, penyelenggaraan acara ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi kreativitas dan inovasi komunitas disabilitas, baik di bidang seni maupun usaha kecil dan menengah (UMKM). Hal ini sejalan dengan status Denpasar sebagai Kota Inklusi yang telah meraih Anugerah Prakasa Inklusi, menjadikannya kota pertama di Indonesia dengan pengakuan tersebut.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Denpasar sebagai kota inklusi yang ramah disabilitas, dengan berbagai acara seperti pameran produk UMKM, seminar kesehatan jiwa, lomba karaoke, dan pemberian bantuan," ujar Laksmi Saraswati.

Selebihnya Laksmi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatur, dari PT. Tata Rancana Hijau berupa bantuan 10 kursi roda, hingga dari Bank BPD Bali dan OJK Provinsi Bali. (pur/hum)

Post a Comment

Previous Post Next Post