Perspectives News

19 Tahun B2W Indonesia, Perkuat Perspektif ‘Selamat di Jalan’ bagi Pesepeda Indonesia

Kepala Dinas Perhubungan Daerah Khusus Jakarta, Syafrin Liputo (tengah) bersama Presiden Bike to Work Indonesia Hendro Subroto (batik merah) setelah sesi Dialog Pagi menandai Ulang Tahun ke-19 Bike to Work Indonesia pada hari ini, Selasa (27/8/2024).

JAKARTA, PERSPECTIVESNEWS- Dalam rangka ulang tahun ke-19 Bike to Work Indonesia (B2W), diselenggarakan sesi dialog pagi dalam upaya memperkuat perspektif ‘Selamat di Jalan’ bagi pesepeda Indonesia.

Pemerintah mendukung B2W Indonesia menciptakan harmoni berbagi jalan di ruas-ruas yang perlu perhatian. 

Sebagai napak tilas kolaborasi dengan pemerintah, Kepala Dinas Perhubungan Daerah Khusus Jakarta, Syafrin Liputo menjamu Presiden Bike to Work Indonesia (B2W) Hendro Subroto dalam sesi Dialog Pagi, Selasa (27/8/2024), di Jakarta.

“Pemerintah dan komunitas ke depannya diharapkan dapat berjalan bersama-sama guna mewujudkan prinsip bersepeda yang aman, nyaman dan selamat di Jakarta dan meningkatkan jumlah pesepeda di Jakarta,” ujar Syafrin Liputo. 

B2W Indonesia selanjutnya mengagendakan road show ke dinas-dinas yang membidangi transportasi di berbagai daerah lainnya di tanah air.

“B2W Indonesia telah berperan aktif menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan dengan moda transportasi bersepeda di tengah tantangan serbuan kendaraan bermotor dengan volume yang meningkat begitu dashyat,” ujar Hendro. 

“B2W Indonesia konsisten mendorong masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup sehat sekaligus mengurangi jejak karbon, diantaranya melalui penggunaan sepeda sebagai alternatif transportasi sehari-hari dengan aman dan selamat,” sambungnya.

Pemikiran untuk menekankan pentingnya aspek mobilitas bersepeda sebagai moda transportasi ramah lingkungan, diangkat dalam momentum ulang tahun B2W Indonesia, melalui diskusi-diskusi bernas selama dua pekan Agustus berjalan, diantaranya menentukan arah kegiatan yang akan dieksekusi oleh Kabinet Satu Planet B2W Indonesia periode 2024-2028.

Kabinet ini baru dibentuk menyusul terpilihnya Hendro Subroto sebagai Presiden B2W Indonesia periode 2024-2028 melalui Rapat Pleno Nasional (RAPPNAS), 3-4 Agustus 2024 sebagai bagian dari rangkaian HUT B2W Indonesia ke-19.  

Hendro menegaskan komitmennya menguatkan kebersamaan lintas unsur untuk kenyamanan dan keselamatan bersepeda, sejalan upaya bersama mengatasi perubahan iklim melalui gerakan masif para aktor teladan yang perlu ditingkatkan secara eksponensial.

Hal tersebut tercermin dari paket program yang diusung Presiden Hendro bertajuk “One Planet, One Moment, One Movement” yang diterjemahkan dalam pilar A-K-S-I-E (Advokasi, Kampanye, Sosial, Inklusi dan Edukasi). 

Paket program untuk seluruh Indonesia ini segera diaktivasi bersamaan dengan perkenalan Kabinet Satu Planet periode 2024-2028 yang dijadwalkan berlangsung 30 Agustus 2024 bertepatan “Bike to Work Day”. 

Acara tersebut menjadi penutup rangkaian ulang tahun ke-19 B2W Indonesia yang bertema “Hamemayu Hayuning Bawana Kanthi Nyepedah” atau diartikan menjaga kelestarian dunia dengan bersepeda.  

Dalam rangkaian ulang tahunnya, B2W Indonesia sebelumnya telah mengikutsertakan perwakilannya di Indonesia Net-Zero Summit 2024 (24/8/2024), menjalin kerja sama dengan media dan mendatang menyiapkan partisipasi pada Indonesia International Sustainability Forum 2024 di Jakarta.  (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post