Perspectives News

Selama 21 Tahun Digelar, Baru Tahun Ini Rip Curl Cup Padang Padang 2024 Diikuti Peselancar Wanita

President Director Rip Curl Indonesia James Hendy didampingi Asisten 1 Sekretaris Daerah Badung, Sujendra saat memukul gong tanda pembukaan Rip Curl Padang Padang 2024, di Uluwatu, Badung, Bali, Sabtu (27/7/2024). (Foto: Lan)

BADUNG, PERSPECTIVESNEWS- Rip Curl Padang Padang 2024 tak hanya diikuti peselancar pria tetapi juga wanita. Ini untuk pertama kalinya selama 21 tahun even dunia ini, baru tahun ini turut menampilkan peselancar wanita.

President Director Rip Curl Indonesia James Hendy menjelaskan, keputusan membuat divisi khusus wanita tahun ini berkaca dari pengalaman atlet selancar ombak Kanada Erin Brooks yang berkompetisi dengan pria ketika Rip Curl World Cup 2022. Erin diberi kesempatan bermain bersama pria hingga mencapai final.

"Di dunia saat ini terdapat peselancar wanita yang sama baiknya dengan peselancar pria, sehingga mereka berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa berkompetisi,” kata James usai upacara pembukaan di Pantai Padang Padang, Badung, Bali, Sabtu (27/7/2024).

Menurut James, Pantai Padang Padang dipilih karena memiliki karakteristik ombak besar, namun jarang terjadi. Hal itu membuat ajang tersebut memiliki masa tunggu satu bulan pada 1-31 Agustus 2024.

"Ombak Padang Padang mungkin pecah setiap tiga atau empat kali dalam setahun. Jadi, kita tunggu. Sekarang ini tengah musim dingin jadi kita mendapatkan badai terbaik, yang merupakan ombak terbaik di Indonesia," terang James.

Rip Curl Cup Padang Padang tahun ini, lanjut James, akan berlangsung hanya pada momen ombak terbaik selama kompetisi, menguji kemampuan para peserta. Panitia akan terus siaga, mengamati, membaca situasi, dan menganalisa semua kemungkinan untuk memberikan sinyal ketika kondisi ombak Padang Padang yang sempurna terjadi.

“Kami berterima kasih kepada komunitas selancar lokal dan pemerintah daerah yang telah mengizinkan kegiatan ini berlanjut. Kami berharap semuanya bisa berjalan lancar mulai dari acara pembukaan hingga penutupan event di Pantai Padang Padang,” ujar James Hendy.

Sebanyak 16 peselancar putra dan delapan peselancar putri dengan persentase 50 persen dari Indonesia dan 50 persen dari seluruh dunia, termasuk Hawaii, Australia, Portugal, dan Afrika Selatan turut berkompetisi tahun ini.

Pemerintah setempat berharap Rip Curl Cup Padang Padang 2024 dapat menjadi ajang meningkatkan kemampuan peselancar Indonesia.

"Terlebih, peserta berasal dari 50 persen peselancar lokal dan 50 persen peselancar internasional," kata Asisten 1 Sekretaris Daerah Badung, Sujendra. 

Penampilan tarian tradisional kecak yang memukau para pengunjung di Pantai Padang-Padang, Bali serangkaian pembukaan Rip Curl Cup Padang Padang 2024. (Foto: Lan)  

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong dan penampilan tarian tradisional kecak yang memukau para pengunjung di Pantai Padang Padang. Ribuan pengunjung bahkan menikmati tarian sampai matahari terbenam (Sunset).  (lan)

Post a Comment

Previous Post Next Post