Perspectives News

Peringati Harkop ke-77, Wabup Jembrana Dorong Koperasi Lebih Inovatif

 

Wabup Ipat menghadiri peringatan Harkop ke-77 Kabupaten Jembrana, digelar di Gedung Mendopo Kesari, Selasa (30/7/2024).(Foto: Hms Jbr)

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS- Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) mendorong koperasi lebih inovatif terkait peran strategis koperasi dalam mengantarkan Jembrana Emas 2026.

Hal itu disampaikan Wabup Ipat pada puncak Hari Koperasi ke-77 tahun 2024 Kabupaten Jembrana yang digelar di Gedung Mendopo Kesari, Selasa (30/7/2024).

HUT Koperasi ke-77 di Jembrana menggagas tema "Koperasi Mitra Pemerintah Dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan Menuju Jembrana Emas 2026".

Hadir selain Wabup Ipat, Ketua Dekopinda Jembrana serta Dinas terkait yang juga dipadati oleh seluruh koperasi se Jembrana.

Dalam sambutannya Wabup Ipat mengatakan, momentum ini agar digunakan untuk menyempurnakan gerakan menjawab tantangan zaman yang terus berubah.

“Percepat kemampuan adaptasi lebih inovatif dan akuntabel agar koperasi dapat memberikan maanfaat lebih besar kepada anggota dan lingkungannya. Akuntabilitas koperasi harus diperkuat, tata kelola koperasi harus semakin baik sehingga koperasi semakin dipercaya untuk menaruh harapan dan mengembangkan usahanya," ujarnya.

Wabup Ipat menambahkan, peran koperasi menjadi sangat strategis dalam mengonsolidasikan para pelaku usaha seperti contoh pembangunan Rumah Produksi Bersama (RPB) Komoditi Kakao Jembrana yang dikelola oleh koperasi untuk mengolah komoditi unggulan rakyat agar menghasilkan produk berkualitas dan bernilai tinggi.

"Koperasi telah menjelma menjadi solusi untuk memberikan kepastian pembelian produk, kepastian terhadap akses inovasi teknologi, akses kemitraan dan bahkan akses permodalan," ucapnya.

Ia berharap lebih banyak lagi koperasi yang menyediakan inovasi dan teknologi sehingga menjadi ekosistem usaha yang lebih menjajikan bagi generasi muda untuk berkiprah.

"Mari manfaatkan kehadiran koperasi multipihak sebagai terobosan untuk menarik minat dan bakat anak anak muda yang terbukti unggul," ungkap Wabup Ipat.

Sementara ketua panitia I Made Sudana menjelaskan, serangkaian kegiatan HUT Koperasi ke-77 di Jembrana sudah dilaksanakan dari Juni - Juli dengan diisi berbagai kegiatan.

"Kita sudah mulai dari bulan Juni dengan melaksanakan penilaian koperasi berprestasi, kegiatan sosial seperti gerakan kebersihan lingkungan dan penyerahan bingkisan kepada keluarga stunting,  persembahyangan dan Diklat pengelola koperasi untuk meningkatkan kompetensi," jelasnya.

Made Sudana berharap, dengan peringatan kegiatan ini, bisa bersama-sama dapat terus bersemangat dan bersinergi dalam memajukan koperasi di Kabupaten Jembrana serta mengawal koperasi menjadi koperasi aktif dan sehat.

“Kami berharap gerakan koperasi dapat bersinergi sebagai gerakan mitra pemerintah yang berkontribusi bagi penguatan dan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bangsa khususnya di Kabupaten Jembrana,” harapnya. (kmg/hms)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post