Perspectives News

Kejuaraan Wali Kota Cup Kempo Diikuti 175 Kenshi

 


Dojo PLN Kota Denpasar keluar sebagai juara umum Kejuaraan Wali Kota Cup Kempo dengan meraih 8 emas, 8 perak dan 19 perunggu yang berakhir Minggu (21/7/2024) (Foto: Humas)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Sebanyak 175 kenshi dari 7 dojo di Kota Denpasar berlaga dalam kejuaraan Wali Kota Cup XIV/2024 cabang olahraga kempo di Gedung Dharma, Jalan Hasunudin Denpasar, Minggu (21/7/2024).

Ketujuh dojo itu, yakni PLN Denpasar, PLN B, SMAN 5, Universitas Udayana, Universitas Mahasaraswati, NSU, Darma Wiweka dan SMPN 7.

Dari Kejuaraan Wali Kota Kempo ini nantinya diharapkan muncul kenshi pelapis, yang siap diturunkan pada Porprov Bali XVI/2025.

Menurut Wakil Ketua Harian Pengkot Perkemi Denpasar, Made 'Dendy' Mandiyasa, tahun ini pesertanya bertambah  baik dojo  yang tahun lalu  5 dojo sekarang 7 dojo. Demikian peserta tahun lalu 150 peserta sekarang meningkat menjadi 175 peserta. Dengan memberikan kesempatan mereka unjuk kemampuan diharapkan merangsang para kenshi lebih bersemangat dalam latihan.

“Semua itu karena mereka ini kami proyeksikan tampil membela Kota Denpasar menggantikan atlet yang tidak bisa tampil di ajang Porprov Bali 2025 karena usia maksimum 30 tahun,” kata Mandiyasa yang juga sebagai pelatih kepala cabor  kempo Bali untuk PON XXI/2024  Aceh- Sumut.

Mandiyasa menegaskan, dalam Wali Kota Cup Dojo PLN Kota Denpasar masih menguasai raihan medalinya menjadi juara umum  dengan 8 emas, 8 perak dan 19 perunggu, sebab mereka memiliki kenshi dan pelatih mumpuni.

Sementara itu Waketum Pengprov Perkemi Bali, Fredrik Billy sangat mengapresiasi program yang digagas KONI Kota Denpasar menggelar Wali Kota Cup rutin untuk semua cabor, termasuk cabor kempo.

Menurutnya, Kejuaraan Wali Kota Cup ini sangat bagus sebagai ajang pencarian bibit-bibit atlet kempo baru di Kota Denpasar.  “Kita jadi tidak ragu soal regenerasi atlet kempo di Kota Denpasar, karena konsisten menggelar kejuaraan," imbuh Fredrik Billy.

Di sisi lain  ada yang menarik di dalam Kejuaraan Wali Kota Cup ini,  diikuti oleh dojo yang baru  berdiri  4 tahun lalu  yaitu Dojo  NEURO SURGERY UDAYANA (NSU)  yang  pesertanya adalah  para dokter yang sedang mengikuti Program Spesialis Bedah Saraf Fakultas Kedokterran Universitas Udayana/RSUP Prof. Dr. I.G.N.GNgoerah Denpasar, dimana  pada Kejuaaraan Wali Kota Cup ini  berhasil meraih  2 emas, 2 perak dan 7 perunggu.

Pelatih dan  penanggung jawab Dojo NSU,  Prof. Dr,dr.Tjokorda Gde Bagus  Mahadewa.M.Kes,Sp.BS, mengaku sangat bangga dengan anak didiknya, karena selain  mengajar tentang ilmu  kedokteran  tentang  spesialis syaraf kepada mahasiswanya, juga  memberikan teknik-teknik ilmu shorinji kempo, sehingga nantinya mereka setelah selesai progam spesialisnya dan kembali ke daerahnya masing-masing maka mereka akan mengembang ilmu shorinji kempo dan mengamalkan  bagi masyarakat banyak.

Dendy dalam sambutan saat penutupan, mengatakan puas dan  bangga atas partisipasi para kenshi dan juga pengurus dojo serta  orang tua atlet yang begitu men-support para kenshinya sehingga  kejuaraan  Wali Kota Cup ini berjalan sukses  tanpa ada halangan  sedikit pun. (djo)

Post a Comment

Previous Post Next Post