Perspectives News

Kehadiran Nuanu Jadi Destinasi Wisata Baru yang Gaungnya Mendunia

Sekda I Gede Susila membuka secara resmi Festival Suara Nuanu dengan pemukulan gong, Jumat (26/7/2024)  (Foto: Lan)

TABANAN, PERSPECTIVESNEWS- Kawasan kreatif Nuanu yang terletak di kawasan Pantai Nyanyi, Beraban, Kediri, Tabanan, menjadi destinasi wisata baru bagi Pemerintah Kabupaten Tabanan yang gaungnya bakal mendunia.

“Kehadiran kawasan kreatif Nuanu tak hanya membawa manfaat bagi kemajuan pariwisata Bali tetapi telah menjadi destinasi baru dan melengkapi kawasan wisata yang sudah ada di Tabanan seperti Tanah Lot, Jatiluwih dan Bedugul,” terang Bupati Kabupaten Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM dalam sambutannya saat membuka Festival Suara Nuanu, di kawasan kreatif Nuanu, Beraban, Kediri, Tabanan, Jumat (26/7/2024).

Sambutan Bupati Sanjaya dibacakan Sekretaris Daerah Tabanan I Gede Susila sekaligus membuka festival dengan pemukulan gong.

Menjadi destinasi baru, Nuanu bahkan telah memiliki calender of event seperti Festival Suara Nuanu yang berlangsung selama 3 hari.

“Festival Suara Nuanu berdampak positif dan diharapkan gaungnya tak hanya di Indonesia tetapi bisa mendunia. Nuanu adalah kawasan kreatif yang sangat luas, dibangun dengan konsep yang dirancang sebagai ekosistem terpadu dan komitmen yang mendukung harmonisasi. Semuanya tercipta dengan baik,” ujar Bupati Sanjaya mengapresiasi.

Nuanu juga dinilai mendukung kearifan lokal dengan mendedikasikan ruang-ruang khusus untuk memberikan pengalaman luar biasa di bidang pendidikan, seni, budaya, kesehatan sekaligus kebugaran yang terinspirasi dari alam dengan gambaran masa depan dimana unsur-unsur ini terjalin dalam harmonisasi alam yang ada di Kabupaten Tabanan, sebut Bupati Sanjaya.

“Tahun ini Nuanu mengadakan Festival Suara selama 3 hari. Sebuah perayaan musik, seni dan budaya serta kesehatan dan kebugaran disamping pendidikan yang diadakan selama 3 hari penuh. Dengan pembukaan festival ini, diharapkan mampu mengangkat kearifan lokal yang ada sehingga secara tidak langsung turut melestarikan budaya Bali khususnya di Tabanan,” sebut Bupati.

Selain itu, lanjut Sanjaya, diharapkan Festival Suara Nuanu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum dengan berkolaborasi dengan masyarakat sekitar.  


Atraksi musik tradisional Okokan memeriahkan pembukaan Festival Suara Nuanu yang digelar selama 3 hari (26 - 28 Juli 2024).  (Foto: Lan) 

Festival Suara Nuanu akan berlangsung selama 3 hari dari 26 – 28 Juli 2024 dengan 9 stage yang menampilkan berbagai atraksi musik, talk show hingga kuliner.

Pembukaan festival dimeriahkan dengan atraksi musik tradisional Okokan yang dibawakan masyarakat sekitar kawasan Nuanu.  (lan)

Post a Comment

Previous Post Next Post