Perspectives News

HUT RI ke-79 di IKN, Indosat TIngkatkan Kapasitas Jaringan 4G Didukung AI


Jelang peringatan HUT ke-79 RI di IKN, Indosat meningkatkan kapasitas jaringan 4G didukung AI (Artificial Intelligence).  (Foto: Indosat)

JAKARTA, PERSPECTIVESNEWS- Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) meningkatkan kapasitas jaringan 4G didukung AI (Artificial Intelligence).

Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer of Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, Indosat siap mendukung kesiapan konektivitas di Ibu Kota Nusantara melalui penguatan infrastruktur jaringan sejak kuartal pertama tahun 2024.

“Kami berupaya menjaga kelancaran konektivitas kuat dan merata sepanjang perjalanan dari kota penyangga hingga wilayah IKN. Upaya ini merupakan bentuk konsistensi terhadap komitmen dan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia,” terang Desmond.

Ia menyebut, saat ini Indosat menyediakan jaringan 4G dan 5G wilayah IKN. Hingga Juli 2024, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik data 4G hingga 84%. Sedangkan kapasitas pengguna 4G meningkat sebesar 44%.

Peningkatan kapasitas ini juga didukung penguatan perangkat lunak (software) termutakhir didukung teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

“Pengimplementasian teknologi AI ini memungkinkan Indosat mengantisipasi lonjakan trafik data dengan melakukan optimasi kapasitas antar BTS. Pada infrastruktur jaringan, Indosat menerapkan teknologi akses radio termutakhir menghasilkan efisiensi penggunaan energi secara signifikan dengan kinerja yang dapat diandalkan,” jelas Desmond.

Tak berhenti di situ, Desmond menyebut, persiapan peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, Indosat menambah sejumlah Mobile Base Transceiver Station (MBTS) serta backbone fiber optic di wilayah IKN.

Indosat memiliki lebih dari 15 ribu BTS telah mencakup 89% populasi di Kalimantan Timur, termasuk 100% populasi di Kota Samarinda. Kedepannya, Indosat terus menargetkan perluasan layanan baik bagi pelanggan perorangan maupun enterprise di Kalimantan.

Selain memastikan kesiapan jaringan, Indosat,melayani kebutuhan basis pelanggan IM3 dan Tri di Kalimantan Timur dengan menyediakan pelayanan pelanggan seperti dua Gerai IM3, 107 Mini Gerai IM3, 47.401 outlet IM3, dua 3Store, 115 3KiosK, dan 31.508 outlet Tri, termasuk di kawasan IKN.Tujuannya, untuk memudahkan pelanggan mengakses layanan Indosat di berbagai lokasi.

Tidak hanya itu, sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat Indonesia khusus di wilayah Kalimantan Timur, Indosat berperan aktif menggelar berbagai program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).

Melalui beberapa inisiatif seperti SheHacks Innovate 2024 diikuti pelaku UMKM lokal, Indosat berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar IKN, termasuk program pelatihan digital dan pengembangan kapasitas masyarakat setempat.

Berbagai inisiatif ini, Indosat menegaskan peran aktif menjembatani kesenjangan digital Indonesia. Dukungan ini diharapkan memaksimalkan potensi lapisan masyarakat Indonesia, khususnya wilayah Ibu Kota Nusantara, meraih manfaat dari kemajuan teknologi dan digitalisasi di Tanah Air.  (lan)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post