Perspectives News

Gandeng Stakeholder, Wali Kota Jaya Negara Tinjau Safari Kesehatan di Banjar Bun

Wali Kota Jaya Negara saat meninjau Safari Kesehatan di lingkungan Banjar Bun, Kelurahan Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Senin (29/7/2024). (Foto: Hms Dps)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Pelaksanaan Safari Kesehatan rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) kembali digelar Pemkot Denpasar, Senin (29/7/2024).

Safari kesehatan ini menyasar warga di lingkungan Banjar Bun, Kelurahan Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, yang ditinjau langsung Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar, pelaksanaan Safari Kesehatan bersinergi dengan Yayasan Peduli Kemanusian Bali, RSU Puri Raharja, Rumah Sakit Ramata, Poltekes Kemenkes, dan Puskesmas 1 Denpasar Timur. Safari Kesehatan telah menjadi sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, serta sebagai wadah edukasi untuk menjaga pola hidup sehat bagi masyarakat.

Tidak sekedar meninjau, dalam Safari Kesehatan tersebut Jaya Negara juga berkesempatan menyerahkan kaca mata gratis secara simbolis kepada salah satu masyarakat. Selain itu Jaya Negara juga melakukan cek kesehatan dan bercengkrama memberikan semangat kepada anak-anak TK yang akan diberikan imunisasi polio.

‘’Saya harapkan seluruh masyarakat memanfaatkan Safari Kesehatan ini sebagai upaya edukasi tentang pola hidup sehat, dan kepada para orang tua untuk mengajak balitanya imunisasi polio,” ujar Jaya Negara.

Menurutnya, Safari Kesehatan ini memberikan pelayanan kesehatan, mulai dari pengobatan penyakit menular, dan tidak menular hingga memberikan pelayanan operasi katarak. Selain itu masyarakat juga mendapat penyuluhan tentang kesehatan, yang tentunya memberikan pemahaman dalam menjaga kesehatan keluarga.

Sementara Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. AA. Ayu Agung Candrawati mengatakan, Safari Kesehatan kali ini memberikan pelayanan pemeriksaan mata secara umum, obat-obatan gratis, pemberian kacamata minus dan plus sesuai standar secara gratis, dan bantuan operasi katarak secara gratis, fisio terapi, dan pemberian imunisasi polio.

Dijelaskan pula, keterlibatan RS Ramata dalam kegiatan ini memberikan pelayanan dan membantu masyarakat yang mengalami masalah kesehatan mata. Sedangkan Yayasan Peduli Kemanusian Bali memberikan pelayanan terkait dengan gangguan fisik seperti stroke, pasca patah tulang, gangguan otot, kelainan postur tubuh, cerebral palsy, dan gangguan tubuh kembang pada anak.

“Untuk operasi mata katarak, kami lakukan screening termasuk pemberian kacamata, dan pemberian obat-obatan, kemudian jika ditemukan katarak, maka akan dijadwalkan untuk operasi katarak secara gratis nantinya,” katanya. (ays/hum)

Post a Comment

Previous Post Next Post